Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020

Jakarta, 28 November 2020 – Pertama kalinya, Universitas Darma Persada menyelenggarakan Upacara Wisuda ke-30 secara virtual.  Upacara yang dibuka secara resmi oleh Rektor Unsada, Dr. Tri Mardjoko, S.E., M.A., tersebut dihadiri oleh para anggota Senat Universitas Darma Persada secara langsung dan virtual. Pada seremoni ini, Mr. Yasuo Fukuda selaku Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang sejak tahun 2007 hingga 2008 dan pernah mengunjungi Universitas Darma Persada memberikan sambutan melalui surat yang dibacakan oleh Dr. Mochamad Solichin, M.Pharm., selaku Wakil Rektor I.

Selain itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii turut menyampaikan sambutannya melalui video message. Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia telah memberikan banyak bantuan kepada Unsada melalui Persada seperti pengadaan laboratorium multimedia yang memiliki 70 perangkat komputer dan program Jenesys, yakni program kunjungan mahasiswa Unsada ke Jepang dalam rangka memperkenalkan budaya Jepang agar hubungan Indonesia dengan Jepang semakin erat. Program ini telah berjalan sejak 2016.

The Association for Overseas Technical Scholarship melalui Senior Managing Director Mr Joji Tateishi turut menyampaikan sambutannya melalui video message. The Association for Overseas Technical Scholarship atau AOTS adalah asosiasi yang didukung oleh Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Jepang. AOTS bersama Toyota selama tiga tahun terakhir telah menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Univ Darma Persada. Selain itu, AOTS juga memberikan bantuan berupa peralatan mesin untuk kebutuhan laboratorium di Fakultas Teknik.

Rektor Universitas Hiroshima, Mr. Ochi Mitsuo menyampaikan sambutannya melalui surat yang dibacakan oleh Fanny Octaviani, M.Si. selaku Wakil Rektor 3. Universitas Darma Persada dan Universitas Hiroshima telah mendirikan Persada/Unsada Hiroshima University Collaboration Center pada 2015. Program yang telah dijalankan antara lain pengembangan potensi dosen Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang yang dimulai sejak 2017, program pertukaran mahasiswa, program summer course untuk dosen Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, serta kegiatan tahunan lomba pidato berbahasa Jepang.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Dr. Ir. Dadan Kusdiana, M.Sc., dan Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 3, Dr. Yaya Jakaria, S.Si, MM., yang memberikan sambutan secara langsung. Selain itu, Dr. Muhammad Dimyati selaku Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia turut memberikan sambutan melalui sambungan zoom.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Melati Sakuta, Bapak Prof. Ginandjar Kartasasmita dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Bapak Eko S.A. Cahyanto, SH,LL.M., menyampaikan sambutan melalui video message.

Wisuda Virtual Universitas Darma Persada ke-30 tersebut meluluskan 814 wisudawan dari Fakultas Bahasa dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Ekonomi dan Sekolah Pascasarjana. Pada kesempatan ini, 15 wisudawan terbaik turut hadir untuk diwisuda secara drive through.

Selanjutnya, Rektor Universitas Takushoku, Mr. Kawana Akio, Ph.D., memberikan ucapan selamat melalui video message. Universitas Darma Persada memiliki perjalanan sejarah yang panjang dengan Universitas Takushoku. Hubungan baik yang telah berjalan selama lebih dari 20 tahun ini diisi dengan kegiatan pertukaran mahasiswa, kunjungan tahunan mahasiswa Universitas Takushoku melalui program homestay, lomba pidato berbahasa Jepang, dan program pengembangan potensi mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin melalui pelatihan program CAD&CAM (Computer Aided Design and Manufacturing). Dua tokoh Yayasan Melati Sakura, Bapak Prof. Ginandjar Kartasasmita dan Bapak Rachmat Gobel mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas ini.

Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation, Mr. Nobuyoshi Fujita, turut memberikan ucapan selamat melalui video message. Yamaoka Scholarship Foundation atau Yayasan Beasiswa Yamaoka adalah penyedia beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia melalui Yanmar Co.Ltd. Yayasan Beasiswa Yamaoka memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unsada sejak 2018.

Terakhir, Ibu Kiki Kadarisman selaku Ketua Kansada turut memberikan ucapan selamat melalui video message. ar

Pembukaan Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Suasana Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Sambutan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia pada Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Salah Satu Wisudawan Terbaik pada Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Salah Satu Wisudawati Terbaik pada Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Pelantikan Wisudawan pada Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Testimoni Wisudawan pada Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020
Rektor Beserta Panitia Upacara Wisuda Virtual Universitas Darma Persada Ke-30 Tahun 2020

Unsada Official’s Youtube Channel

Leave a Reply

WhatsApp chat