Program Studi : BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG (S-1)

Program Studi : BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG (S-1)

Fakultas Bahasa dan Kebudayaan

Universitas Darma Persada

TERAKREDITASI BAN Perguruan Tinggi

Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata satu (S-1) Universitas Darma Persada didirikan pada tanggal 8 Juli 1986 berdasarkan Surat Keputusan Pendirian no 15/KOP.III/S.VII/1986 dan izin penyelenggaraan pada 8 Juli 1986.  Pada awal berdirinya Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang bernama Program Studi Sastra Jepang. Saat ini Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata satu (S-1) Universitas Darma Persada berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN-PT No.6215/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/X/2020 memperoleh akreditasi (B).

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata Satu (S-1) mengacu kepada visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas dan universitas. Sejak awal berdirinya Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata satu (S-1) Universitas Darma Persada membimbing dan memfasilitasi mahasiswanya agar dapat memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik dan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai perihal Kejepangan (Kesusastraan, Masyarakat, Budaya, dan Sejarah Jepang) sebagai kompetensi utama. Kemudian didukung oleh kompetensi lain sesuai profil lulusan. Saat ini Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang UNSADA bekerjasama dengan berbagi Universitas di Jepang, Perusahaan, dan lembaga Jepang mengembangkan pendidikan Bahasa dan kebudayaan Jepang yang humanis dan profesional sesuai dengan perkembangan jaman dan standar pendidikan nasional Indonesia.

Pengembangan dan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang berkesinambungan juga merupakan prioritas. Hal ini diwujudkan dengan pengembangan peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bekerjasama dengan mahasiswa dan pemangku kepentingan. Sejalan dengan visi dan misi serta penerapan kurikulum yang mengacu kepada Kurikulum KKNI dan standar nasional pendidikan.

Tata pamong, kepemimpinan, dan sistem pengelolaan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata Satu (S-1) Universitas Darma Persada dilaksanakan secara profesioanl, transparan, demokratis, dan sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing personal. Sedangkan penjaminan mutu dan sistem informasi dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan tinggi seperti panduan Standar Pendidikan Nasional dan Badan Akreditasi Nasional.

Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata Satu (S-1) secara kuantitas jumlahnya cenderung stabil, sedangkan dari segi kualitas masih tetap harus ditingkatkan. Lulusan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata Satu (S-1) berdasarkan penelurusan alumni (tracer study) tersebar di beberapa bidang pekerjaan, sebagai karyawan (administrator) di perusahaan atau lembaga, tenaga pendidik (instruktur) bahasa dan budaya Jepang, Penerjemah bahasa dan budaya Jepang, dan ada juga yang melajutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Dosen secara kuantitas dan kualitas cukup memenuhi ketentuan karena sebagian besar telah memiliki kualifikasi magister dan memiliki kepangkatan akademik. Tenaga non-kependidikan secara kuantitas mencukupi, namun secara kualitas perlu peningkatan. Kemudian, untuk kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik terus dilakukan perbaikan berkesinambungan dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

 

Visi program Studi Bahasa dan Kebudaan Jepang S1:

Pada tahun 2021 Program Studi Bahasa dan Budaya Jepang S1 menjadi Program Studi Kejepangan terkemuka yang menghasilkan lulusan dengan penguasaan bahasa Jepang yang setara dengan Kemampuan Bahasa Jepang level N2, dan Kemampuan Komunikasi Can-do level B1. Kemudian mampu memecahkan masalah dengan kearifan lokal dan filosofi Monozukuri. memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai masyarakat dan budaya Jepang, serta memiliki kemampuan dasar manajemen dan teknologi informasi saat bekerja dilembaga atau perusahaan atau bekerja secara mandiri.

 

Misi program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang S1 :

  1. Menyelenggarakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi secara terpadu sesui Standar Nasional Perguruan Tinggi.
  2. Mengembangkan kemampuan program studi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, terutama dalam bidang linguistik, sejarah, masyarakat, budaya dan kesusastraan Jepang di Indonesia dengan melibatkan mahasiswa dan para pemangku kepentingan.
  3. Menciptakan suasana akademik yang mendukung peningkatan kualitas Tridarma Perguruan Tinggi.
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain, baik dalam maupun luar negeri dalam upaya percepatan pencapaian visi program studi.

 

Tujuan program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang S1 :

  1. Mengembangkan potensi program studi untuk menghasilkan proses pendidikan yang humanis dan komprehensif dalam bidang Bahasa dan Kebudayaan Jepang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas secara intelektual dengan kompetensi utama empat keterampilan berbahasa Jepang dengan penguasaan bahasa Jepang yang setara dengan standar Kemampuan Bahasa Jepang tingkat N2 dan Can – do Level B1.
  3. Menghasilkan lulusan yang  terampil berbahasa, serta memiliki pengetahuan dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat tentang linguistik, metode pengajaran bahasa asing, kesusastraan, sejarah, kebudayaan dan masyarakat Jepang.
  4. Menghasikan lulusan yang mampu berkomunikasi dengan baik lisan maupun tulis dalam bahasa Jepang dan mampu menterjemahkan berbagai informasi dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan filosofi monozukuri, memiliki sikap dan etika yang baik, dapat mengaplikasikan etika kerja, dan memiliki kemampuan dasar manejerial dan mengoperasikan komputer sebagai administrator saat bekerja di lembaga atau perusahaan Jepang.

 

Sasaran dan strategi pencapaian program studi Bahasa dan Budaya Jepang S1 :

Lulusan tahun 2021 program studi menguasai keahlian di bidang bahasa setara JLPT Level N2, sastra, dan pengetahuan budaya Jepang dengan kemampuan berkomunikasi setara level Can-do B1 standar Japan Foudation, mampu mengaktualisasikan diri di tingkat nasional maupun internasional. Untuk menghasilkan lulusan seperti yang telah disampaikan pada bagian visi, misi, dan sasaran, Prodi Bahasa & Kebudayaan Jepang menyusun strategi sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kemampuan mengajar dosen dengan pelatihan dan workshop metode pembelajaran secara berkelanjutan, bekerjasama dengan Universitas Hiroshima dan The Japan Foudation. 
  2. Meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang dosen dengan program belajar bersama dan mengikuti Ujian JLPT secara bertahap.
  3. Menambah kesempatan dosen berkomunikasi dengan native orang Jepang untuk mengembangkan kemampuan komunikasi.
  4. Selalu berusaha memperbaiki Silabus dan RPS (Rencana Pembelajaran) berdasarkan saran dari para ahli.
  5. Mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen dan berusaha menyediakan jurnal internal bagi mahasiswa.

Lulusan program studi sesuai dengan keinginan dari stakeholder dan masyarakat pengguna sehingga mampu bersaing dan cepat terserap di pasar tenaga kerja.

    1. Memberikan pengetahuan mengenai cara bekerja secara efektif dan dapat mencari solusi dengan baik saat timbul masalah melalui mata kuliah monozukuri.
    2. Mendorong mahasiswa masuk sebagai anggota atau pengurus Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada, dan Klub- Klub Kegiatan Mahasiswa agar mahasiswa terbiasa beroganisasi dan bekerja dalam sebuah tim.
    3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa merasakan dan mendapatkan pengalaman langsung bekerja melalui program intership atau magang sebagai salah satu mata kuliah pilihan dalam kurikulum prodi sesuai syarat yang telah ditetapkan universitas.
    4. Mengikutsertakan mahasiswa dalam Program Pengabdian Masyarakat untuk mengetahui langsung kebutuhan masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata satu (S-1) adalah Sarjana strata satu yang memiliki landasan keimanan dan ketakwaan serta berjiwa Pancasila, profesional yang berorientasi pada keterampilan analitis, keutamaan intelektual dan moralitas dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Jepang. Selain itu juga menguasai empat keterampilan berbahasa Jepang baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat nasional dan internasional. Lulusan program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Strata satu (S-1) dapat mengembangkan diri dalam berbagai lapangan pekerjaan seperti pengajar bahasa Jepang, penerjemah dan wirausahawan.

 

KOMPETENSI LULUSAN Bahasa dan Budaya Jepang S1

Kompetensi, Profil Lulusan, dan Deskripsi Profil Lulusan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang S-1 Universitas Darma Persada yang ada saat ini, merupakan hasil dari analisis kurikulum terdahulu, masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), urun rembuk dan kesepakatan dari perkumpulan Program Studi sejenis yaitu Konsorsium Program Studi Jepang Indonesia (KPSJI), hasil analisis SWOT, hasil penelurusan lulusan (tracer studi), proses pembandingan (benchmarking) dengan perguruan tinggi lain, dan masukan dari tenaga ahli perihal penyusunan kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, ditetapkanlah profil lulusan dan kompetensi sesuai profil lulusan.

Kompetensi sesuai dengan Profil Lulusan

  1. Istruktur Bahasa dan Budaya Jepang

    Sarjana yang mampu bekerja sebagai tenaga instruktur di suatu Instansi atau Lembaga dengan tugas utama mentransfer keahlian bahasa Jepang dan pengetahuan masyarakat dan budaya Jepang.

  2. Penerjemah / Interpreter Bahasa dan Budaya Jepang

    Sarjana yang mampu bekerja sebagai penghubung komunikasi lisan dan tulisan antar bahasa dan budaya yang berbeda, terutama antara bahasa dan budaya Indonesia dan Jepang.

  3. Administrator atau Karyawan Lembaga atau Perusahaan Jepang

    Sarjana sebagai pelaku pekerjaan yang memerlukan keahlian berbahasa, pengetahuan budaya Jepang, dan memiliki kemampuan dasar manajeman dan teknologi informasi untuk bekerja di Perusahaan atau Lembaga Jepang.

  4. Peneliti Pemula Bahasa dan Budaya Jepang (Kejepangan)

    Sarjana yang mampu menemukan masalah dan melakukan analisis terhadap berbagai permasalahan bahasa dan budaya Jepang (Kejepangan), dan siap untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi.

 

Comments are closed.

WhatsApp chat