Pra Asesmen dan Asesmen dari Pelatihan dan Bimbingan Teknis Sertifikasi Skema Administrative Officer Kerja Sama Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Jakarta, 28-29 Juli 2021 – Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada menyelenggarakan pra asesmen dan asesmen dari Pelatihan Industrial Relations Overview dengan peserta staf PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Keduanya telah memiliki kerja sama dalam bentuk pelatihan dan uji kompetensi. Asesmen ini dilaksanakan setelah sebelumnya para peserta mengikuti pelatihan secara virtual dari Universitas Darma Persada selama 2 hari pada Selasa-Rabu, 16-17 Februari 2021 lalu. 

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Drs. Agus Heri Santoso M.A., selaku Direktur LSP MSDM Universal dan juga Bisma Arianto, SE., MM., selaku asesor. Selain itu, acara ini turut diikuti oleh Dr. Ardi Kusmara M.M., Oryza Sativa Heningtyas, S.E., M.Ak., dan Hasri Nirmala Budiarti, SE., MM., dari TUK. Tidak hanya itu, hadir pula 9 peserta dari TMMIN yaitu Anggi Desthiati, Alimudin, Ferdi Supriyadi, Sonny Pratama, Cecep Kholil, Muhammad Sofian, Oktiviasari, Nurfaezi dan Bahrudin.

Kegiatan dimulai pukul 09.05 WIB dan selesai pukul 14.25 WIB dengan dimoderatori oleh admin dari LSP MSDM Universal. Dalam pembukaannya, Direktur LSP MSDM Universal menyampaikan beberapa tahapan sertifikasi dan kualifikasi yang ditentukan sehingga peserta dapat dinyatakan kompeten atau tidak. Peserta diminta untuk login ke laman LSP MSDM Universal untuk melakukan registrasi dan pengisian form APL 01 dan 02 serta mengunggah kelengkapan dokumen secara online. Dalam kegiatan pra asesmen dijumpai beberapa kendala di antaranya pada saat pra asesmen berlangsung terdapat peserta dari TMMIN yang meninggalkan ruang zoom tanpa izin kepada asesor, peserta tidak hadir tepat waktu dan tidak menggunakan laptop, sehingga mengakibatkan kegiatan tidak berjalan dengan semestinya. Selain itu, peserta tidak menginstal software zoom, seperti imbauan tim TUK.  Tindak lanjut dari kendala tersebut peserta diharapkan dapat lebih disiplin, harus mematuhi tata tertib kegiatan, harus on cam dan jika ada keperluan mendesak meminta izin kepada asesor dan admin. 

Kegiatan Asesmen dilaksanakan secara online pada hari berikutnya  dimulai pukul 09.05 WIB dan selesai pukul 14.38 WIB dengan masih  dimoderatori oleh admin dari LSP MSDM Universal. Selama kegiatan sertifikasi, asesor tidak mengizinkan pihak selain peserta memasuki room breakout sehingga perwakilan TUK hanya dapat menunggu di main room zoom. Kegiatan sertifikasi berlangsung dengan baik dan diputuskan bahwa seluruh peserta dinyatakan KOMPETEN. Adapun kendala yang terjadi selama kegiatan sertifikasi adalah terdapat peserta yang tidak menggunakan laptop sehingga kegiatan sertifikasi terganggu. ar

Leave a Reply

WhatsApp chat