Kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Teknis Sertifikasi Skema Administrative Officer Kerja Sama Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Jakarta, 13-14 Juli 2021 – Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Teknis Sertifikasi Skema Administrative Officer dengan peserta staf PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Keduanya telah memiliki kerja sama dalam bentuk pelatihan dan uji kompetensi. Pelatihan ini sendiri telah terlaksana untuk ke-8 kalinya secara virtual dari Universitas Darma Persada selama 2 hari pada Selasa-Rabu, 13-14 Juli 2021 dengan menghadirkan  David Muflihano, HR Business Partner and Strategic Industrial Relations Management specialist, sebagai fasilitator.

Pelatihan ini dibuka oleh Mo Daniel Setiawan, ST., IPM, dari TMMIN dengan dihadiri oleh Dr. Ardi Kusmara M.M., Oryza Sativa Heningtyas, S.E., M.Ak., dan Hasri Nirmala Budiarti, SE., MM., dari TUK. Selain itu, hadir pula 9 peserta dari TMMIN yaitu Anggi Desthiati, Alimudin, Ferdi Supriyadi, Sonny Pratama, Cecep Kholil, Muhammad Sofian, Oktiviasari, Nurfaezi dan Bahrudin.

Agenda pelatihan hari pertama adalah menangani penerimaan dan pengiriman dokumen/surat, termasuk surat elektronik di antaranya menyiapkan daftar distribusi sesuai prosedur organisasi, melakukan pendistribusian surat/dokumen dengan batas waktu, membuat salinan surat/dokumen sesuai prosedur organisasi, menetapkan pilihan cara pengiriman dengan benar dan yang terbaik sesuai kebutuhan, mendokumentasikan tanda terima surat/dokumen sesuai prosedur organisasi. Selanjutnya, menciptakan dokumen/lembar kerja sederhana dari proses mempersiapkan hingga menghasilkan lembar kerja sederhana tersebut. Terakhir, memproduksi dokumen yaitu menyiapkan, mendesain hingga memproduksinya.

Selanjutnya, mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi, melakukan komunikasi melalui telepon, melakukan komunikasi lisan dengan kolega/pelanggan, dan membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar.

Pada hari kedua, para peserta diberikan pelatihan memelihara data di komputer, mengoperasikan aplikasi perangkat lunak, mengelola arsip, mengelola peralatan kantor, dan menerapkan prosedur K3 perkantoran. Para peserta selanjutnya akan diminta untuk membuat portofolio dan juga mempersiapkan diri untuk asesmen. ar

Leave a Reply

WhatsApp chat