Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881 Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Upacara Hardiknas 2019: Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan dengan Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter

Oleh Admin | May 2, 2019 at 1:47 pm

02 Mei 2019 – Plt. Rektor, Dr. Tri Mardjoko, S.E., M.A., beserta seluruh Civitas Akademika Universitas Darma Persada menyelenggarakan Upacara Bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan dengan Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter” yang jatuh pada hari Kamis, 2 Mei 2019. Upacara yang dimulai sejak pukul 07:30 WIB tersebut berjalan dengan khidmat. Pada kesempatan ini, mahasiswa-mahasiswi UNSADA yang tergabung dalam UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Yon Bushido berperan menjadi petugas upacara. Dalam kesempatan ini pula, Plt. Rektor menekankan pentingnya Hardiknas bagi UNSADA sebagai instansi pendidikan. Hardiknas merupakan hari yang penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Universitas Darma Persada. Dalam pengembangan sumber daya manusia, pendidikan tinggi, memegang peranan kunci, sebagai terminal akhir dalam jenjang pendidikan formal sejak sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, amatlah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Karena di dalam pendidikan tinggi terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan manusia terutama Indonesia.

Dewasa ini, kita menyaksikan negara-negara di dunia semakin berupaya keras dalam memajukan pendidikan tingginya, tidak hanya dalam sistem pembelajaran, namun juga dalam lingkup riset, teknologi, dan inovasi. Hal itu antara lain terlihat dari publikasi ilmiah internasional di mana setiap negara mengandalkan perguruan tingginya masing-masing untuk melakukan riset dan mempublikasikannya di jurnal-jurnal ilmiah internasional bereputasi. Kewajiban melaksanakan riset yang menghasilkan inovasi semakin penting dalam situasi ekonomi dalam era disrupsi sekarang ini, terutama dengan adanya Revolusi Industri 4.0, yang menggabungkan teknologi fisik, digital dan biologis yang merupakan sinergi berbagai disiplin ilmu. Perguruan tinggi harus menjadi bagian solusi dan sensitive terhadap tantangan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat, serta cepat memberikan rekomendasi untuk mengatasi segala permasalahan di bidangnya.

Menghadapi revolusi industri 4.0, Kemenristekdikti sudah bergerak dengan menggagas beberapa kebijakan untuk menjawab kebutuhan di era ini. Salah satu kebijakan yang akan segera diimplementasikan adalah Program Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ, di mana dalam waktu dekat Kemenristekdikti akan mengeluarkan permenristekdikti untuk mendukung pelaksanaan program ini. Adapun salah satu implementasi dari kebijakan mengenai PJJ nantinya adalah pembangunan universitas siber (Cyber University) yang dipersiapkan untuk pembelajaran daring. Pendidikan tinggi kedepan akan menawarkan banyak pilihan model pembelajaran, mulai dari face to face, online learning, hingga blended learning. Kita tidak dapat memungkiri bahwa saat ini pendidikan memang sudah mengarah ke online learning.

Kegiatan Pendidikan meliputi soft skill yang meliputi perilaku dan penampilan santun, jujur, memiliki integritas, bertanggung jawab, dan perilaku perorangan lainnya apabila berinteraksi dengan orang dalam bermasyarakat, baik di rumah, di jalan, di tempat kerja maupun tempat lainnya, sedangkan hard skill adalah keterampilan professional seseorang dalam ilmu pengetahuan di bidang yang ditekuninya. Soft skill dan hard skill penting artinya bagi para alumni UNSADA dalam memenangkan persaingan di pasar tenaga kerja dengan “trilingual – monozukuri – energy terbarukan”, dan visi “Menjadi Universitas terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam aspek Budaya yang diperkaya dengan Monozukuri serta memberi kontribusi berarti bagi pembangunan Bangsa dan Negara.” Selain itu, UNSADA semakin masif dalam kerja sama skilling up dengan sejumlah Universitas asal Jepang diantaranya program dosen tamu dan program 3 + 1 dengan Universitas Hiroshima, tugas belajar dosen Unsada di Takushoku University, dan bantuan sarana Pendidikan dari sejumlah entitas Jepang. Selain Pendidikan hard skill, Bahasa Jepang, hitozukuri dan monozukuri, yang wajib dikuasai para mahasiswa Unsada, kampus ini juga menyediakan berbagai pelatihan bersertifikat yang akan meningkatkan lebih lanjut daya saing alumni Unsada dan dicantumkan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Mengakhiri sambutannya, Plt. Rektor dengan bangga menyebutkan dosen dan mahasiswa-mahasiswi UNSADA berprestasi, di antaranya Cintya Dewi Hartati, S.S., M.Si., selaku dosen Jurusan Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok dan Wadek II Fakultas Sastra yang berhasil menerbitkan modul yang berjudul “Pranata Masyarakat Cina di Cina.” Selain itu, UKM Unsada Karate Club mempersembahkan 2 emas, 5 perak, dan 6 perunggu dalam Kejuaraan Karate Bekasi Open V 2019, serta 1 perunggu dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi DKI Jakarta VII 2018. UKM Tarung Derajat berhasil meraih Juara 3 Putri Kelas 45kg dan Juara 3 Putra Kelas 58kg. UKM Socca turut mengharumkan nama UNSADA dengan meraih Juara 2 Kejuaraan Sepakbola UI 2018. UKM PSM Taradhika juga meraih Juara 3 dalam National Choir Competition UGM Kategori Paduan Suara Sejenis. UKM Basket UNSADA Tim Putri meraih Juara 2 dalam Prasmul Olympics dan Juara Umum 3 dalam Kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Prov DKI Jakarta VII 2018, sedangkan Tim Putra meraih Peringkat 4 dalam Prasmul Olympics, Juara 2 dalam Rektor Cup UKI, dan Juara 2 dalam Kejuaraan Basket UI 2018. UKM UNSADA Taekwondo Club juga menorehkan prestasi dengan meraih Juara Umum 3 dalam Kejuaraan Best of the Best Kartika Taekwondo Challenge. UKM Teater Semut juga menjadi Pemenang Grup Terbaik 2 dalam Festival Teater Jakarta Timur 2018. Terakhir, UKM Kempo UNSADA meraih Juara Umum 2, Juara 1 Embu Pasangan Putri Kyukenshi, Juara 3 Embu Pasangan Putra Kyukenshi, Juara 1 Tandoku Kyukenshi, Juara 1 Randori Putri Kelas 50kg, Juara 3 Randori Putri Kelas 60kg, Juara 3 Randori Putri Kelas 65kg, dan Juara 3 Randori Putra Kelas 70kg. ar

UNSADA

Social Links