Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881 Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Study Visit Rektor UNSADA Bersama L2DIKTI ke Beberapa Universitas Ternama di India

Oleh Admin | August 10, 2018 at 10:45 am

Jakarta, 10 Agustus 2018 –Rektor Universitas Darma Persada mengikuti Program Study Visit ke beberapa Perguruan Tinggi ternama di Chenai dan Bangalore India, yaitu Sathyabama University, SRM Institute of Science and Technology, Nitte Meenakshi Institute of Technology, Nitte University, Reva University, Acharya Institutes,  dan Garden City University selama seminggu pada tanggal 7 sd 13 Agustus 2018.

Program ini digagas berdasarkan inisiatif Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah III Dr. Illah Sailah. Tujuan dari program study visit ini adalah untuk mengetahui peranan Perguruan Tinggi yang telah membawa India menjadi salah satu negara yang berhasil dalam Revolusi Industri 4.0

Peserta program ini adalah 13 orang pimpinan Perguruan Tinggi di DKI yang berasal dari Universitas Darma Persada, dan perguruan tinggi swasta lainnya, serta dua orang pejabat L2DIKTI Wilayah III. Adapun fokus kerja sama antara Universitas Darma Persada dengan beberapa Perguruan Tinggi yang dikunjungi tersebut meliputi beberapa bidang, diantaranya adalah Student Exchange, Lecture Exchange, Research & Publication. Kerjasama ini diperkuat dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara UNSADA dengan beberapa perguruan tinggi tersebut.

Menurut Rektor UNSADA, Kesuksesan sebuah negara dalam menghadapi revolusi industri 4.0 erat kaitannya dengan inovasi SDM yang berkualitas, sehingga perguruan tinggi wajib dapat menjawab tantangan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era globalisasi.

Sebagai contoh India, dengan perkembangan IT yang sedemikian pesatnya tidak dapat dipungkiri selama ini didukung oleh sekian banyak perguruan tinggi ternama dibalik kesuksesannya. Oleh karena itu study visit ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang membuat PT di India berhasil menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif; memperoleh gambaran sarana dan prasarana pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, analisis big data dan komputerisasi dalam menciptakan SDM yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi; dan membangun kolaborasi strategis dengan Perguruan Tinggi India.

Perguruan tinggi yang sukses mendukung negara adalah perguruan tinggi yang memiliki sarana-prasarana yang lengkap, baik itu PTN maupun PTS. Biasanya, PTS yang besar memiliki kemampuan itu.  PTS di India di samping didukung oleh pemerintah, juga didukung oleh Yayasan yang kuat, dalam arti yayasan tersebut memiliki kemampuan finansial yang luar biasa untuk membangun PTS binaannya.

Universitas Darma Persada sendiri sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 dari sejak awal pendiriannya, yaitu ketika merumuskan Visi-Misinya.  Sebagaimana diketahui, Visi Unsada adalah “Menjadi Universitas terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam aspek Budaya yang diperkaya dengan Monozukuri serta memberi kontribusi berarti bagi pembangunan Bangsa dan Negara”.

Adapun Misi Unsada adalah menyelengarakan Pendidikan, Pengajaran,  Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dalam kerangka Tri dharma Perguruan Tinggi, yang unggul dalam bidang budaya dan Monozukuri; menghasilkan lulusan yang memiliki budaya kreatif dalam membuat barang (monozukuri tetsugaku), semangat industri (sangyo spirit), dan jiwa wirausaha/entrepreneurship (kigyoka) sehingga memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menghasilkan barang/jasa yang berdaya saing tinggi di pasar global, baik sebagai individu atau sebagai bagian dari satu sistem; menghasilkan lulusan yang trilingual yaitu menguasai bahasa Indonesia, Jepang dan Inggris; dan menghasilkan lulusan yang dapat dengan cepat memperoleh pekerjaan atau berwirausaha.

Perjalanan Study Visit di India dimulai dari Kota Chennai dimana tim mendarat pada 7 Agustus 2018 pukul 23.00 waktu setempat. Suasana kota sedikit mencekam karena pada saat itu penduduk Chennai sedang berkabung karena pemimpin kesayangannya, tokoh politik berpengaruh yang berusia 94 tahun, Muthuvel Karunanidhi, baru saja meninggal dunia. Tim yang berjumlah 16 orang disarankan untuk naik kendaraan kecil dari bandara menuju hotel, karena pihak keamanan setempat tidak mengijinkan kendaraan bis untuk melintas kota malam itu.

Di kota ini, pada keesokan harinya, tim mengunjungi dua universitas besar, yaitu Sathyabama University dan SRM Institute of Science & Technology. Namun karena kota ini sedang berkabung, maka hampir seluruh perkantoran bahkan SPBU pun banyak yang tidak beroperasi, termasuk kedua universitas yang dikunjungi pada hari itu mengurangi sebagian besar aktifitasnya. Tim mengeksplorasi seni budaya di Chokhi Dhani, suatu kawasan wisata budaya yang menyuguhkan Rajasthani Culture & Cuisine. Chokhi Dani merupakan desa seluas 15 hektar  yang menyuguhkan semua atraksi dan elemen budaya serta tradisi etnis.

Pada pagi hari 8 Agustus 2018, tim memulai kunjungan ke Sathyabama University yang ditempuh sekitar 7 menit atau sekitar 4,2 km dari Hotel Gokulam Park, tempat tim menginap. Tim memperoleh penjelasan yang lengkap dari Wakil Rektor Sathyabama University, DR. S. Sundar Manoharan, Ph.D dan jajarannya mengenai kinerja universitas besar ini. Selanjutnya, setelah masing-masing anggota tim menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, masing-masing PTS menandatangani Memorandum of Understanding dengan Sathyabama University.

Rektor Unsada Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A. bersama dengan rekan-rekan dari PTS Jakarta lainnya dalam Program Study Visit ke India, berkesempatan untuk mengunjungi SRM Institute of Science and Technology (SRMIST), atau Sri Ramaswamy Memorial Institute of Science and Technology. Rektor Unsada menyematkan Pin Kehormatan Unsada kepada Vice Chancellor SRMIST Prof. Sandeep Sancheti, Ph. D (UK), FIETE, FIE (I), MIEEE.

Bengalore adalah kota kedua yang dikunjungi oleh tim pada 9 Agustus 2018. Di kota ini tim mengunjungi tiga universitas, yaitu Nitte Meenakshi Institute of Technology, Reva University, dan Acharya Institutes. Kota ini betul-betul tidak pernah tidur karena hampir seluruh perusahaan IT dunia ada di sini sehingga jam kerja mereka diseuaikan dengan perusahaan-perusahaannya yang tersebar di seluruh dunia.

UNSADA

Social Links