Jl. Taman Malaka Selatan - Pondok Kelapa - Jakarta Timur 13450
021 8649053
humas@unsada.ac.id

Sosialisasi Kewaspadaan Covid-19 Kerja Sama UNSADA dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur

Jakarta, 11 Maret 2020 – Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur bekerja sama dengan Universitas Darma Persada menyelenggarakan penyuluhan terkait Covid-19. Seminar yang mengambil tema “Cegah Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” tersebut dibuka secara langsung oleh Plt. Rektor, Dr. Tri Mardjoko, S.E., M.A. Pada kesempatan ini, terdapat 200 peserta yang berasal tidak hanya dari mahasiswa dan mahasiswi UNSADA namun juga tenaga pendidik yang hadir dan mengikuti seminar kesehatan tersebut.

Pemaparan yang disampaikan oleh dr. Agustina, Sp.P., dari Rumah Sakit Umum Daerah Duren Sawit Jakarta Timur ini, selain berisi penyuluhan mengenai gejala dan penyebaran Covid-19, juga memaparkan pencegahannya. Covid-19 merupakan virus baru dari keluarga Coronavirus yang menyebabkan pneumonia berat dan telah dikonfirmasi dapat menular antar manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir Desember 2019 dan menular dengan cepat serta telah menyebar ke wilayah lain di Tiongkok dan beberapa negara lain. Sebanyak 88.000 orang dinyatakan positif terinfeksi dan 3.000 di antaranya atau 2-3% meninggal dunia. Jumlah ini lebih rendang dibanding penyakit pernapasan lain seperti SARS. Namun, penyebaran virus ini cukup cepat sehingga membuat panik warga hampir di seluruh negara. Pada Januari hanya 27 negara yang terjangki virus ini dan naik menjadi 103 negara pada saat ini. Di Jakarta sendiri telah ada 97 pasien yang dirawat. Info terkini mengenai virus ini dapat dilihat di https://corona.jakarta.go.id/

Infeksi virus Corona dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu seperti hidung berair, meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam. Gejala lain seperti demam tinggi, batul berdahak bahkan berdarah, sesak napas disertai nyeri dada juga muncul akibat infeksi virus tersebut. Secara umum gejala yang muncul seperti demam, batuk dan sesak napas muncul setelah 2 hari sampai 2 pekan setelah terpapar virus Corona.

Virus Covid-19 dapat menular melalui percikan bersin atau batuk penderita, sehingga jika sedang batuk atau bersin haruslah menutup dengan sapu tangan, tisu atau lengan bagian dalam. Selain itu, virus ini juga dapat menyebar ketika bersalaman dengan tangan penderita yang tangannya terkena percikan bersin atau batuk ataupun ketika berbagi makanan dan minuman yang terkontaminasi. Terakhir, penyebaran juga dapat terjadi dari kontak dengan binatang karena virus ini tinggal dalam tubuh hewan seperti kelelawar.

 Untuk mencegah penularan, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan dan menjalani pola hidup sehat. Salah satunya dengan cara mencuci tangan dengan benar yaitu kedua tangan dicuci dengan air mengalir dan sabun secara menyeluruh termasuk bagian sela-sela jari tangan. Tujuan seminar ini adalah untuk memberikan informasi lebih terkait Corona atau Covid-19 beserta pencegahannya agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada. ar

Leave a Reply

WhatsApp chat