Seminar Pendidikan Fukuoka Jepang dan JASSO 2017

Fukuoka 1Jakarta, 29 September 2017 – Universitas Darma Persada bekerja sama dengan Fukuoka International Student Support Center atau biasa disingkat FiSSC dan Indonesien Society of Fukuoka Alumni atau yang disebut ISFA menyelenggarakan Seminar Pendidikan Fukuoka Jepang 2017 bertempat di Grha Wira Bakti, UNSADA, Jakarta. Menghadirkan 3 orang pembicara dari Jepang, acara yang diadakan pada Jumat, 29 September 2017 tersebut mampu menarik animo partisipan yang menghadiri seminar ini. Tidak hanya siswa SMA, namun juga mahasiswa UNSADA ikut serta dalam seminar tersebut.

 

Fukuoka 2Diawali dengan sambutan dari Dr. Mochammad Sholichin, M.Pharm., selaku Wakil Rektor I, yang juga mewakili ISFA dan juga PERSADA yang turut mendukung seminar terselenggaranya seminar tersebut, menyampaikan bahwa seminar pendidikan seperti ini sangatlah penting untuk dapat memberikan motivasi dan gambaran untuk dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri, terutama di Fukuoka, Jepang. Seminar kali ini merupakan kali kedua dilakukan di kampus UNSADA.

Pembicara pertama adalah Watanabe Aya yang mewakili dari FiSSC, sebuah lembaga yang membantu para siswa yang belajar di Fukuoka. Seminar ini dilaksanakan karena banyaknya perusahaan Jepang yang berada di Indonesia saat ini semakin meningkat. Fukuoka sendiri merupakan kota yang terletak di selatan Jepang yang ditempuh selama 10 jam dari Jakarta menggunakan pesawat terbang. Mudahnya akses transportasi ini menempatkan Fukuoka ke urutan pertama sebagai destinasi yang mudah dikunjungi di Jepang. Selain itu, sebagai tempat dengan banyaknya mahasiswa asing yang menimba ilmu di 39 perguruan tinggi di perfektur tersebut menjadikan Fukuoka sebagai peringkat ke-3 setelah Tokyo dan Osaka.

gambar 1Era Takumi mewakili Fukuoka Women’s University menerangkan mengenai FWU yang berdiri sejak 1923 dan pada tahun 2011 International College of Arts and Science. Memiliki 3 jurusan unggulan dan asrama yang gratis bagi mahasiswa selama 4 tahun, ke depannya FWU akan menjalin kerja sama dengan UNSADA.

Selanjutnya, Ikea Fumiko, perwakilan dari Universitas Kurume, tidak hanya memberikan penjelasan seputar universitas yang ia wakili, namun ia juga memberikan sedikit pengajaran bahasa Jepang kepada para partisipan seminar. Para partisipan yang telah mengenal bahasa Jepang dengan antusias memberikan respon yang positif.

gambar 2Terakhir, pembicara dari Indonesia yang pernah menempuh pendidikan S2 dan S3 di Jepang, Aril Adrian, Ph.D., memberikan tips yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ataupun nantinya bekerja di Jepang. Pria yang juga pernah menjabat sebagai presiden Fukuoka Overseas Students Association (FOSA), kini bekerja di Tokyo.

Masih pada hari yang sama, JASSO juga menyelenggarakan seminar di UNSADA mengenai pendidikan di berbagai kota di Jepang. Bertempat di ruang TS60, Fakultas Sastra, seminar tersebut juga berhasil menarik perhatian para mahasiswa untuk berkunjung dan mendengarkan penjelasan dari narasumber, Mr. Nabuo Hishizawa. ar

Leave a Reply

WhatsApp chat