Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881 Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Seminar Investasi: Invest Today, Enjoy Tomorrow

Oleh Admin | November 27, 2018 at 1:42 pm

Jakarta, 27 November 2018 – Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Darma Persada menyelenggarakan seminar investasi dengan tema “Invest Today, Enjoy Tomorrow.” Seminar yang bertempat di ruang E209 tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Pemasaran dan Humas, Defrilina Saragih, S.S., M.I.Kom. Dalam sambutannya, Defrlina mengharapkan seminar seperti ini dapat menjadi tambahan ilmu sebagai bekal bagi para mahasiswa maupun mahasiswi setelah lulus nanti. Pada seminar ini, panitia yang diketuai oleh Winda Rosanti, mahasiswi Akuntansi tersebut mengundang Marco Poetra Kawet selaku Kepala Kantor Perwakilan Jakarta Bursa Efek Indonesia dan Andri Muharizal selaku Kepala Investasi Galei MNC Sekuritas sebagai narasumber.

Seminar ini memberikan wawasan kepada para peserta seminar mengenai manfaat investasi yang dirasakan. Salah satunya Warren Buffet, orang ketiga terkaya di dunia yang memulai investasinya sejak usia 11 tahun. Hal ini membuktikan bahwa investasi merupakan kegiatan yang menjanjikan terlebih jika dimulai dari usia dini. Menurut Marco, manfaat investasi saham perusahaan Indonesia seharusnya dirasakan oleh investor domestik terutama para mahasiswa yang ingin mulai berinvestasi karena saat ini masih lebih banyak investor asing yang merasakan manfaatnya. Terlebih lagi, Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang masuk di G20 menjadi potensi yang sangat menjanjikan untuk investasi. Rating investasi di Indonesia juga menunjukkan peningkatan yang cukup baik setiap tahunnya setelah krisis 1998. Dengan 263 juta penduduk, Indonesia menjadi pengguna digital terbesar ketiga di dunia yang memungkinkan para investor pemula untuk dapat mengakses informasi saham dengan mudah. Investasi saham di Indonesia juga dilindungi oleh SIPF (Securities Investor Protection Fund) atau Penyelenggara Dana Perlindungan Pemodal.

Selain itu, investasi saham tidaklah semahal seperti yang dibayangkan. Perusahaan BUMN pun menjadi perusaahan terbuka sehingga masyarakat dapat membeli sahamnya dan turut serta memiliki perusahaan BUMN tersebut. Dengan membeli saham sebuah perusahaan, investor berhak mengikuti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang mana dapat memberikan suara sesuai dengan jumlah sahamnya dan juga berhak memperoleh dividen yaitu bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham. Dengan berinvestasi, maka investor memiliki proteksi terhadap gejolak inflasi. Selain itu, investor juga dapat meningkatkan nilai kekayaan dan mengantisipasi ketidakpastian pendapatan di masa yang akan datang.

Menutup seminar ini, narasumber juga memberikan tips bagaimana cara berinvestasi dengan baik. Pertama, investor harus menentukan terlebih dahulu sekuritas seperti MNC Sekuritas yang saat ini telah bekerja sama dengan UNSADA. Kedua, investor perlu mengenali profil resiko dan tujuan investasi. Ketiga, investor menentukan target investasi dan tetap disiplin. Keempat, investor memilih, mempelajari dan kemudian beli sahamnya. Terakhir, investor tetap melakukan analisa. ar

UNSADA

Social Links