Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881 Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Penutupan Pelatihan Kaizen

Oleh Admin | April 5, 2018 at 3:00 pm

Penutupan Pelatihan Kaizen

Jakarta, 05 April 2018 – Seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Darma Persada bekerja sama dengan AMEICC (AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee) dan AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships) memasuki hari terakhir pada Kamis, 5 April 2018. Masih dengan narasumber yang sama, Takeshi Adachi memberikan kesempatan kepada para peserta seminar untuk menyampaikan hasil dari demonstrasi yang dilakukan oleh masing-masing kelompok. Setiap kelompok mengevaluasi setiap percobaan perakitan produk yang mereka lakukan dan berusaha untuk mencapai waktu yang ditargetkan untuk perakitan setiap unit produk. Jig yang dibuat oleh para peserta seminar berbeda-beda karena setiap kelompok diperbolehkan berimajinasi dalam membuatnya.

Pada hari terakhir seminar tersebut, ke-empat kelompok berlomba untuk mencapai waktu tercepat sesuai target yang diberikan yaitu satu menit delapan belas detik dalam perakitan satu unit porduk. Dalam kompetisi tersebut kelompok tercepat berhasil menyelesaikan rakitan satu unit produk dalam waktu satu menit dua puluh lima detik. Meski tidak mencapai target, namun para pengamat dan juga narasumber bangga terhadap hasil kerja para peserta seminar karena hasil yang dicapai pada hari ke-empat pelatihan kaizen tersebut menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan.

Setelah demonstrasi masing-masing kelompok berakhir, Adachi memberikan pesan terakhir kepada para peserta seminar. Adachi berharap setelah mengikuti pelatihan kaizen ini, para peserta seminar mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain itu, Adachi juga berpesan bahwa ada tiga hal penting yang harus diingat oleh para peserta seminar, yaitu tidak boleh menyerah karena setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya; tidak boleh takut untuk gagal karena jika terus mencoba pasti akan berhasil namun jika gagal lalu berhenti mencoba maka semua akan berakhir; dan tidak boleh meremehkan pendapat orang lain karena dengan berbagai macam pendapat akan mencapai hasil yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan prinsip kaizen yaitu untuk mencapai hasil yang lebih baik diperlukan ide dari setiap orang.

Menutup rangkaian pelatihan kaizen tersebut, Wakil Rektor I, Dr. Mochammad Sholichin, M.Pharm menyampaikan bahwa peningkatan hasil yang dicapai merupakan buah dari kerja sama oleh seluruh anggota kelompok. Selain itu, Sholichin juga berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta seminar terutama saat terjun ke dunia kerja nantinya. ar

 

 

UNSADA

Social Links