Pelatihan Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Pengadaan SDM Kerja Sama Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada Dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Jakarta, 23-24 Desember 2020 – Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Pengadaan SDM dengan peserta staf PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Keduanya telah memiliki kerja sama dalam bentuk pelatihan dan uji kompetensi. Pelatihan ini sendiri telah terlaksana untuk ke-4 kalinya secara virtual dari Universitas Darma Persada selama 2 hari pada Rabu-Kamis, 23-24 Desember 2020. 

Dibuka secara resmi oleh Dr. Ardi Kusmara, S.T., M.M., mewakili Dekan Fakultas Ekonomi dan Tempat Uji Kompetensi UNSADA, diharapkan pelatihan ini bermanfaat bagi kelima peserta TMMIN. Pada kesempatan ini, 2 orang pelatih yang dihadirkan di antaranya Warcito, SP., M.M., yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Profesi Pendamping Wirausaha Indonesia melatih pada hari pertama, dan Dr. Budi Handrianto, S.Si, M.Pd., yang saat ini menjadi tenaga ahli P2SDM LPPM IPB melatih pada hari kedua. Kegiatan ini dimoderatori oleh Hasri Nirmala Budiarti, SE., MM dari TUK Unsada. Pelatihan ini turut dihadiri pihak PT. TMMIN dengan diwakili oleh Kem Trimaya Vanani secara virtual. 

Pelatihan selama 2 hari tersebut berisi 5 materi. Pertama Employment Management System: Recruitment, Selection & Placement. Pada materi ini akan dijelaskan strategi untuk melakukan rekrutmen, metode rekrutmen dalam organisasi, lalu apa, mengapa dan bagaimana proses orientasi. Materi kedua adalah Man Power Planning yang akan mendeskripsikan tujuan dan manfaat perencanaan kebutuhan karyawan, menjelaskan strategi untuk melakukan perencanaan kebutuhan karyawan, dan mengembangkan kemampuan melakukan perencanaan kebutuhan karyawan. Ketiga, Workload Analysis yaitu mampu menganalisis metode penghitungan karyawan, menghitung beban kerja karyawan, dan mengimplementasikan kebutuhan karyawan dalam Man Power Planning. Selanjutnya, Sourcing & Selection yaitu mengetahui mekanisme mendapatkan tenaga kerja baik dari dalam maupun dari luar, mengetahui tahapan seleksi (sourcing, sortir, test, interview, MCU, Hiring & Placement), dan mengetahui kriteria setiap tahap, serta mengetahui standar kesuksesan setiap tahap. Terakhir, Hiring & Placement yaitu melakukan checking terhadap kelengkapan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan penerimaan dan penempatan, membuat offering letter, menjelaskan tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban karyawan, serta sistem ke-HRD-an yang berlaku di perusahaan kepada calon karyawan, dan melakukan proses hiring berupa penandatangan perjanjian kerja. Selain itu, pada materi kelima tersebut, peserta akan diminta untuk menyelenggarakan program penyesuaian dan monitoring selama masa penyesuaian (orientasi), melakukan evaluasi masa penyesuaian, melakukan pengangkatan karyawan yang lulus masa penyesuaian menjadi karyawan tetap, dan menyelesaikan hubungan kerja bagi calon yang tidak lulus.

Setelah pelatihan ini, peserta akan mengikuti penilaian pada 11 Januari dan sertifikasi pada 12 Januari oleh LSP Universal secara on line. ar

Fasilitator dalam Pelatihan Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Pengadaan SDM Kerja Sama Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada Dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)
Suasana Pelatihan Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Pengadaan SDM Kerja Sama Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Darma Persada Dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Leave a Reply

WhatsApp chat