LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG KE 16 TINGKAT SMA SE-JABODETABEK DAN PERGURUAN TINGGI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

PERSYARATAN LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG KE 16
TINGKAT SMA SE-JABODETABEK DAN PERGURUAN TINGGI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Persyaratan Peserta Lomba

  1. Warga Negara Indonesia, dan tidak berbahasa Jepang sebagai bahasa Ibu.
  2. Bagi yang mempunyai orang tua, baik seorang atau keduanya, yang merupakan keturunan Jepang generasi pertama tidak diperkenankan untuk ikut serta.
  3. Belum pernah tinggal di Jepang selama 1 bulan atau lebih sejak usia 6 tahun.
  4. Belum pernah mengikuti wajib belajar di Jepang atau menempuh pendidikan di sekolah Jepang yang ada di luar negeri selama 1 bulan atau lebih.
  5. Belum pernah pergi ke Jepang sebagai pemenang Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional.

 

Persyaratan Pidato

  1. Tema naskah pidato bebas dan tidak mengandung unsur politik dan SARA serta ditulis dalam bahasa Jepang, dan tidak berupa story telling.
  2. Pidato berdurasi maksimal 5 (lima) menit untuk tingkat SMA dan berdurasi maksimal 7 (tujuh) menit untuk tingkat Perguruan Tinggi. Bagi Pidato yang berdurasi lebih dari 5 (lima) atau lebih 7 (tujuh) menit akan dikenakan pengurangan nilai. C. Selain itu, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  3. Isi dari naskah pidato merupakan isi yang belum pernah digunakan dalam lomba pidato manapun. Peserta yang diketahui dan dipastikan oleh panitia pelaksana menggunakan seluruhnya atau sebagian dari naskah atau tulisan yang dibawakan oleh orang lain pada lomba sebelumnya, tidak diperkenankan untuk tampil sebagai peserta pada lomba pidato ini. Apabila hal tersebut diketahui setelah keikutsertaan lomba, maka gelar yang sudah diberikan akan didiskualifikasi.
  4. Tidak diperbolehkan menyebutkan nama lembaga yang diwakili di dalam naskah pidato.
  5. Pada saat membawakan pidato tidak boleh menggunakan alat peraga. Diperbolehkan untuk membawa serta naskah pidato ke podium, namun apabila menyampaikan pidato dengan membaca naskah akan dikenakan pengurangan nilai.

 

Formulir pendaftaran dapat dikirimkan melalui pos beserta naskah pidato, deskripsi singkat isi pidato dalam bahasa Indonesia, terjemahan isi pidato dalam bahasa Indonesia dan fotokopi KTP, atau dapat diantar langsung ke panitia Lomba Pidato Bahasa Jepang dengan memasukkan ke dalam amplop coklat.

Naskah pidato dapat juga dikirimkan melalui email unsada.lpbj@gmail.com dalam format attach file, dengan mencantumkan nama lengkap, nomor telepon/hp, asal sekolah/universitas pada email tersebut, serta menuliskan “Naskah Lomba Pidato Tingkat SMA/Universitas 2018” pada subjek pengiriman.

Batas waktu penyerahan formulir melalui email maupun langsung paling lambat diterima Panitia pada tanggal 17 Agustus 2018. Naskah pidato yang diterima dibatasi menjadi 15 naskah untuk peserta Universitas dan 20 naskah untuk peserta tingkat SMA. Bila naskah yang Panitia terima mencapai jumlah tersebut diatas sebelum tanggal 17 Agustus 2018, pendaftaran lomba pidato ini akan ditutup.

Jakarta, 2018

Hormat kami,
Panitia Lomba Pidato Bahasa Jepang

Risa R. Semidang

Ketua Pelaksana

 

Leave a Reply

WhatsApp chat