Kunjungan Universitas Hiroshima ke UNSADA

27 Maret 2018 – Universitas Hiroshima merupakan salah satu dari sebelas universitas Jepang yang menjalin kerja sama dengan Universitas Darma Persada. Pada Selasa, 27 Maret 2018, Universitas Hiroshima dengan diwakili oleh Shiho Kurosaka, Ph.D., Kazuhiro Kawaguchi, Ph.D., dan Shigeo Mase, Ph.D berkunjung ke kampus yang terletak di Jakarta Timur tersebut. Kunjungan yang disambut langsung oleh Rektor UNSADA, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., dengan didampingi Warek I, Dr. Mochammad Solichin, M.Pharm., ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari hingga Kamis, 29 Maret 2018.

Salah satu agenda pada hari pertama kunjungan dalam rangka implementasi kerja sama antara Unsada dan Hiroshima University Jepang tersebut, ketiga Profesor tersebut akan melakukan observasi (kengaku) sistem perkuliahan di Jurusan Sastra Jepang serta menjajaki potensi joint research di antara kedua Perguruan Tinggi. Masing-masing Profesor dari Hiroshima University ini memiliki keahlian khusus seperti keahlian dalam bidang pengajaran, kesusastraan Jepang, dan dalam bidang budaya seperti tari-tarian tradisional Jepang.

Ketiganya juga akan menyaksikan aktivitas ASOBU, Yosakoi Soran Bu Unsada (よさこいソーラン部), yaitu salah satu klub dibawah Himpunan Sastra Jepang UNSADA yang menjadi wadah tari tradisional Jepang yang disebut Yosakoi. Yosakoi sendiri memiliki dua jenis aliran yaitu Kochi dan Soran. Aliran Soran inilah yang dianut oleh klub yang ketika pertama kali terbentuk bernama Nihon Buyou Club (日本舞踊クラブ / NBC) tersebut. Sejak didirikan pada 10 April 2009, ASOBU sudah mengikuti berbagai acara Festival Jepang, bahkan menorehkan prestrasi seperti meraih Juara II Yosakoi contest Ennichisai 2015, Juara I Yosakoi contest Ennichisai dua tahun berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017. ar

Leave a Reply