Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881 Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Kuliah Perdana 2018 Membangun Generasi Inovator Perubahan Energi

Oleh Admin | September 14, 2018 at 4:45 pm

Jakarta, 14 September 2018 – Universitas Darma Persada menyelenggarakan Kuliah Perdana 2018 yang dihadiri oleh kurang lebih 1.200 mahasiswa baru dengan mengangkat terma “Membangun Generasi Inovator Perubahan Energi.” Acara yang dibuka secara resmi oleh Rektor Unsada, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., tersebut turut mengundang Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Helmy Yahya, M.P.A., Ak., C.P.M.A., C.A. selaku Direktur Utama TVRI, dan Tuhiyat selaku Direktur Keuangan dan Administrasi P.T. MRT Jakarta. Pemberian medali visiting lecturer dan SK Rektor oleh Rektor UNSADA secara langsung menandai ketiga narasumber mendapatkan penghormatan diangkat menjadi visiting lecturer di Universitas Darma Persada. Kuliah Perdana yang bertempat di Grha Wira Bakti tersebut menandai secara resminya mahasiswa baru UNSADA angkatan 2018 mengikuti perkuliahan.

 

MRT sebagai Solusi Kemacetan Jakarta

Sebagai narasumber pertama, Tuhiyat selaku Direktur Keuangan dan Administrasi P.T. MRT Jakarta, menjabarkan fungsi MRT sebagai solusi kemacetan di Jakarta. Jakarta sendiri sebagai ibukota yang padat penduduknya memiliki kurang lebih 13 juta penduduk pada siang hari. Hal ini disebabkan oleh para penduduk luar Jakarta yang datang mencari nafkah di Jakarta. Oleh karena itu, MRT diharapkan menjadi alternatif transportasi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Tuhiyat menambahkan bahwa saat ini telah dibangun stasiun-stasiun underground di beberapa titik di Jakarta dan MRT akan siap beroperasi pada Maret 2019 mendatang dengan uji coba terakhir pada bulan Februari nanti. Jakarta yang juga rawan banjir di musim penghujan tentu membuat para calon pengguna MRT waswas karena stasiun yang berada di bawah tanah. Namun, para calon pengguna MRT diharapkan tidak perlu khawatir karena stasiun underground MRT didesain bebas air dengan pintu masuk yang tingginya lebih dari 1 meter dari permukaan tanah dan juga dilengkapi dengan lock gate yang tertutup otomatis. Selain itu, MRT juga sudah mempersipakan giant pump jika terjadi kejadian luar biasa dimana permukaan air mencapai 2 meter. Bangunan MRT juga didesain dengan konstruksi anti gempa yang diadopsi dari Jepang yang mana merupakan negara rawan gempa dengan perkiraan maksimal 9SR.

 

Entrepeneurship 4.0 Mindset untuk Sukses

Dikenal sebagai wirausahawan yang sukses, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., memberikan penjabaran mengenai entrepeneurship 4.0 sebagai pola pikir untuk meraih kesuksesan di era milenial. Menurut Sandiaga, pemikiran Presiden RI ke-3, Prof. Dr. B.J. Habibie, yang telah meraih 40 hak paten internasional bidang teknologi mengenai aspek manusia dan pengembangan teknologi masih relevan hingga saat ini. Menurut beliau, people always come first! Manusia dahulu yang harus dikembangkan. Pola pikir manusia harus optimis, tidak menjatuhkan, dan saling mendukung. Untuk memiliki pola pikir seperti itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah selalu bersyukur karena tidak semua orang memiliki ksesmpatan yang saat ini dimiliki. Entrepeneurship sendiri bukanlah profesi melainkan mindset untuk tidak cepat menyerah dan selalu bangkit dari kegagalan. Sandiaga yang merintis usaha saat di-PHK pada tahun 1997 tersebut, membuktikan usahanya sukses dan kini telah memiliki 30.000 lebih karyawan. Setiap kesuksesan diawali dengan kegagalan, oleh karena itu perlu dipupuk pola pikir untuk tidak mudah menyerah ketika mengalami kegagalan. Salah satunya dengan cara memotivasi disi sendiri dan dekat dengan orang yang sukses agar selalu termotivasi untuk sukses. Sandiaga sendiri memiliki Kerja 4As, yaitu Kerja Keras karena dibutuhkan 905 kerja keras dan 10% talenta untuk sukses, Kerja Cerdas yaitu bekerja dan siap untuk terus berkembang, Kerja Tuntas yaitu menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas, dan terakhir Kerja Ikhlas yaitu selalu berikhtiar dan menyerahkan hasil akhirnya kepada Allah.

 

Membangun Bisnis ke Depan Berhubungan dengan Teknologi

Helmy Yahya, M.P.A., Ak., C.P.M.A., C.A. yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama TVRI menekankan bahwa jika ingin merintis bisnis pada era milenial haruslah siap dengan kemajuan teknologi. Sebagai contoh Uber, Alibaba.com, Airbnb, dan gojek yang sukses menjalankan bisnisnya meski tidak memiliki komoditas secara langsung. Bahkan beberapa saat lalu, ojek online membuat gempar penyedia taksi konvensional karena kehilangan pelanggan yang beralih menggunakan ojek online. Contoh lainnya seperti Iflix yang menggantikan bioskop dimana pengguna cukup mengeluarkan biaya yang relatif lebih murah daripada harus menonton langsung ke bioskop. Para perintis bisnis dengan berbasis teknologi ini melihat peluang dengan memanfaatkan kapasitas yang kosong, seperti kamar di rumah yang kosong disewakan melalui Airbnb, ataupun tempat duduk penumpang yang kosong disewakan melalui uber. Generasi milenial selain menguasai teknologi juga memiliki kelebihan dengan generai kolonial seperti lebih ambisius, lebih pintar dan mampu memanfaatkan working-space di tempat seperti mall maupun restoran selama  memiliki akses free wifi. Perkembangan teknologi yang menghadirkan e-learning juga menjadi tantangan bagi universitas seperti UNSADA. Helmy juga menambahkan perjuangannya membangun kembali TVRI yang merupakan stasiun tv yang sudah berumur, dan bahkan pegawainya pun sudah berumur. Namun, dengan kegigihannya bersama 5 Direktur Utama lainnya, Helmy mampu menyatukan generasi kolonial dan milenial yang bekerja memajukan TVRI. Dibalik kesuksesan itu menurutnya, a leader has to be seen, seorang pemimpin hendaknya memberikan contoh kepada para pegawainya. Dengan bertemu secara langsung dengan pemimpinnya, para pegawai akan merasa lebih dekat dan dianggap dalam pekerjaannya. Saat ini TVRI yang dapat diakses dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, menghadirkan acara-acara yang bukan sekedar tontonan namun juga tuntunan dengan kemasan yang baru dan berkualitas. ar

UNSADA

Social Links