Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881 Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Kick Off Meeting Kerja Sama UNSADA dengan BNSP LSP-LMI

Oleh Admin | November 6, 2018 at 11:42 am

06 November 2018 – Toni Pardamean Sianipar MBA selaku Wakil Rektor II Bidang Non Akademik didampingi para jajaran melaksanakan pertemuan dengan BNSP LSP-LMI yang diwakili oleh Bambang Nurcahyono selaku Executive Director dan Eko Budi Darmawan selaku Manager Marketing dan Sertifikasi membahas kerjasama UNSADA dengan lembaga tersebut terkait sertifikasi. Hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumlah mahasiswa dan pekerja yang memiliki sertifikasi keahlian dari BNSP. Selain itu, ditambah rendahnya kondisi kemampuan UKM Tooling dalam Kualitas, Produktivitas, Metode Produksi, Keselamatan, dan lain lain, serta belum ada perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan khusus Vokasi Tooling. Dengan latar belakang tersebut, maka ingin dicapai sertifikasi Vokasi Tooling untuk Mahasiswa dan Pekerja, pengembangan Vokasi Tooling untuk UKM, dan membuat Jurusan Vokasi Tooling di Unsada sehingga  membantu Program Pemerintah dalam Vokasi Sertifikasi. Tujuan akhir pengembangan Vokasi Tooling sendiri adalah untuk membentuk UKM dan lulusan yang berkualitas dan mumpuni.

Peserta yang diharapkan ikut serta dalam program ini adalah pegawai UKM maupun perusahaan yang nantinya dapat memperoleh sertifikasi BNSP dan mahasiswa khususnya jurusan Teknik Elektro, Industri dan Mesin yang nantinya memperoleh SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

Strategi dan kegiatan yang dilakukan dalam program ini berupa standarisasi skill Tooling melalui kerja sama dengan BNSP untuk melakukan sertifikasi mahasiswa dan pekerja untuk area Tooling, kolaborasi TUK/LSP melalui kerja sama dengan TUK di Polman Astra, Toyota, Panasonic, dan IMDIA group untuk pengembangan dan sertifikasi mahasiswa dan pekerja di area tooling, komitmen Yayasan Sakura Melati untuk ikut mendorong UNSADA dalam proses realisasi menjadi Tooling Vocation Center, sinergi dengan kegiatan CSR Toyota/Panasonic dan pengabdian masyarakat Unsada melalui kolaborasi kegiatan bersama untuk pengembangan UKM dalam bidang tooling, dan studi kelayakan terkait usulan pembentukan Akademi / Sekolah / Kursus Vokasi Tooling.

Usulan kegiatan dalam jangka pendek berupa Sertifikasi Keterampilan Dasar Tooling: BMC ke Polman Astra sepakat untuk saling mendukung kegiatan sertifikasi, diskusi dengan BNSP LSPLMI bahwa LSPLMI akan berkunjung ke Unsada untuk mengecek kesiapan menjadi TUK sewaktu dan selanjutnya menjadi mandiri, dan menyusun rencana menjadi TUK dan realisasi sertifikasi. Skema Sertifikasi sendiri berupa Mechanical Inspection Lv-3; Equipment Maintenance Lv-3; Menggambar CAD 2D dan 3D; Otomasi PLC; dan Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem Pneumatik.

Selain itu, program ini juga memiliki aktivitas jangka panjang seperti pengembangan Vokasi Tooling untuk UKM (Tooling Jig, Dies, Mold) dan studi kelayakan untuk merealisasikan Fakultas/Jurusan Vokasi Tooling di UNSADA. ar

UNSADA

Social Links