tttttttttt Blog – Universitas Darma Persada

Program Studi

Lembaga

Penelitian

Pengabdian

 

UNSADA

Terakreditasi, Penguasaan Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris dan Jepang), Berbasis ICT, Beasiswa, Magang kerja, Bis Kampus.

Brosur

Peresmian Galeri Investasi BEI di UNSADA oleh MNC Sekuritas

DSC_7821 - CopyJakarta, 12 Desember 2017 – Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Universitas Darma Persada diresmikan oleh MNC Sekuritas pada Selasa, 12 Desember 2017. Persemian yang sekaligus menutup rangkaian peresmian point of sales sepanjang tahun 2017 tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan piagam kerja sama yang dilakukan oleh Dr. Eko Cahyono selaku Wakil Rektor II UNSADA, Djoko Saptono selaku Peneliti Senior Bursa Efek Indonesia, dan Afen Tjhong selaku Head of Equity Retail MNC Sekuritas. Peresmian ini disaksikan oleh Deputi Direktur Manajemen Strategis, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen, dan Kemitraan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, F.A. Purnama Jaya.

DSC_7909 - CopyDalam kesempatan tersebut, Afen menegaskan bahwa MNC Sekuritas akan menyelenggarakan ajang Galeri Investasi Idol (GI Idol) sebagai bentuk upaya MNC Sekuritas meningkatkan jumlah nasabah dan transaksi di masing-masing point of sales mengingat saat ini telah melampaui target 100 point of sales di akhir tahun 2017. Program yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2017 tersebut tidak hanya dapat diikuti oleh seluruh Galeri Investasi mitra MNC Sekuritas tersebut, namun juga civitas akademika dari seluruh Indonesia. ar

Day 2 Special Seminar: Robot Programming Workshop
Through Robot Programming Workshop toward to Monozukuri University

DSC_6972 - CopyJakarta, 7 Desember 2017 – Melanjutkan Seminar Special: Robot Programming Workshop yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Darma Persada bekerja sama dengan AMEICC (AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee) dari AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships), Shin Kuboaki, seorang dosen dari Haseda University dan Nihon University yang juga ahli robotik, meminta para peserta seminar untuk memisahkan operasi dan tugas robot sehingga mereka dapat menyerahkan pekerjaan pada robot. Tujuan dari tugas ini adalah untuk membuat sistem secara berkelompok dimana para peserta harus memikirkan metode penyelesaian secara berkelompok, lalu membuat program dan kemudian melakukan tes.

DSC_6984 - CopyPara peserta yang terbagai dalam beberapa kelompok harus memilih dari 2 misi yang diberikan. Misi A: Route Cleaning yaitu melakukan misi untuk menghilangkan halangan pada rute untuk transportasi karena robot tidak bisa melakukan transportasi jika ada halangan pada rute transportasi. Misi B: Auto Transportation yaitu melakukan misi perputaran transporter sehingga menghemat tenaga dan efisiensi pada transportasi cargo. Selanjutnya, para peserta harus mempresentasikan hasil peragaan yang telah dilakukan dari sistem yang telah dibuat. Dalam presentasi ini, para peserta diminta untuk dapat menjelaskan hasil-hasil baik yang dicapai, hal-hal yang dipelajari, juga permasalahan yang sekiranya akan terjadi. Dalam pelaksanaannya, para peserta harus secara aktif bertanya jika menjumpai hal-hal yang kurang dimengerti. Jika tetap tidak bisa mengatasi meski sudah dipikirkan secara bersama-sama, maka para peserta dapat melakukan uji coba untuk mengetahui hasilnya.

DSC_7013 - CopyTujuan dari kuliah ini sendiri adalah para peserta mampu untuk membuat sistem dengan C++ dalam penggunaan robot. Para peserta ditargetkan untuk dapat menggerakan robot ataupun device yang menggunakan motor maupun sensor melalui program yang ditulis dengan C++. Selain itu, para peserta juga ditargetkan untuk mampu memberikan pelayanan menggunakan robot dengan mengembangkan fungsi dan pelayanan yang diberikan sistem dengan pemisahan dari pengontrolan device. ar

Special Seminar: Robot Programming Workshop
Through Robot Programming Workshop toward to Monozukuri University

DSC_6809 - CopyJakarta, 6 Desember 2017 – Fakultas Teknik Universitas Darma Persada bekerja sama dengan AMEICC (AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee) dari AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships) menyelenggarakan Special Seminar yang bertajuk “Through Robot Programming Workshop toward to Monozukuri University” bertempat di Ruang Seminar Fakultas Teknologi Kelautan. Seminar yang akan diadakan selama 3 hari sejak tanggal 6 Desember 2017 tersebut mengundang Shin Kuboaki , seorang dosen dari Haseda University dan Nihon University yang juga ahli robotik. Tujuan diadakannya kuliah umum ini adalah untuk membuat sistem yang menggunakan robot C++ dengan target dapat menggerakkan robot dan memberikan pelayanan yang menggunakan robot. Robot yang digunakan pada kuliah umum tersebut adalah robot Kit Lego Mindstorms EV3 Intelligent Brick yang disebut juga “Hontai.”

DSC_6536 - CopyPara peserta seminar hari pertama yang juga merupakan mahasiswa tingkat 1 diperbolehkan untuk mengoperasikan robot tersebut secara langsung dengan menggunakan program yang diberikan melalui komputer yang terhubung dengan kabel USB pada robot. Para peserta yang terbagi dalam kelompok beranggotakan tiga orang tersebut bergantian mencoba program yang diberikan. Misi pertama yang dijalankan adalah memberi nama pada cara kerja robot. Pada sesi ini, peserta dapat menunjukkan sesuatu yang menanggung cara kerja yang dijalankan oleh robot melalui perintah yang dimasukkan dalam program. Selanjutnya, pada misi kedua peserta diminta untuk dapat memperhalus gerakan robot dengan membandingkan binary control dan proportional control. Pada misi terakhir, peserta diminta untuk memperbaiki operasi sensor menjadi cara kerja robot. Program yang dijalankan tersebut juga dapat diedit oleh penggunanya sehingga nantinya robot tersebut dapat digunakan sesuai dengan fungsi yang ingin dijalankan. ar

lego-ev3-IMG_0994 ev3 robot

Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula dan Penelitian Produk Terapan Hibah Kemenristek Dikti 2017

DSC_6506 - CopyJakarta, 5 Desember 2017 – Universitas Darma Persada melalui Lembaga Penelitian, Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula dan Penelitian Produk Terapan Hibah Kemenristek Dikti 2017 yang bertema “Meningkatkan Mutu dan Profesionalisme Dosen melalui Penelitian”. Seminar yang berlangsung di ruang Sasana Wiyata selama satu hari pada tanggal 5 Desember 2017 tersebut dihadiri oleh dosen peneliti Unsada dan dosen dari universitas swasta lain di Jakarta Timur.

DSC_6375 - CopySeminar yang dibuka oleh Wakil Rektor II, Dr. Eko Cahyono tersebut memberikan kesempatan kepada para dosen peneliti untuk menyajikan hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2017. Hasil penelitian tersebut juga langsung dinilai oleh reviewer dari Kemenristek Dikti, Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. Seminar penelitian ini memberikan kesempatan kepada para dosen bidang humaniora dan teknik menampilkan hasil. Menutup seminar ini, Dr. Gatot Dwi Adiatmojo menegaskan bahwa dengan diadakannya seminar ini, diharapkan mutu dan profesionalisme dosen semakin meningkat melalui penelitian dan pengabdian masyarakat. ar

Festival Lenong Oplet Robert ke VI

Teater Semut 2Jakarta, 28 November 2017 – Universitas Darma Persada patut berbangga diri dengan diraihnya juara ke-3 oleh Teater Semut yang mengikuti Festival Lenong Oplet Robert ke VI. Festival yang diselenggarakan di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat tersebut berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 27 hingga 28 November 2017. Pada kesempatan yang sama, Alfian Umarella, mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan Universitas Darma Persada, berhasil meraih penghargaan sebagai Aktor Terbaik.

Teater Semut 1Penutupan festival tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menegaskan bahwa Pemprov DKI sangat mendukung agar budaya Betawi tidak hanya dilestarikan, tapi juga bisa maju dan menjadi kebanggaan generasi muda. Hal ini tentu menjadi angina segar bagi Ketua Pelaksana Festival Lenong Oplet Robert ke VI, Ramdhani Qubil AJ atau akrab dieknal dengan panggilan Bang Kubil, yang juga berharap Pemprov DKI Jakarta bisa memberikan perhatian sehingga pelaksanaan festival Lenong Oplet Robert di tahun mendatang lebih baik lagi. ar

 

Penandatanganan MoU UNSADA dengan Bank Resona Perdania dan
Penyerahan Beasiswa Bank Resona Perdania kepada Lima Mahasiswa UNSADA

DSC_5995Jakarta, 21 November 2017 – Penandatanganan MOU antara Universitas Darma Persada dengan Bank Resonia Perdania yang dilaksanakan pada Selasa, 21 November 2017 di ruang Sasana Wiyata dihadiri oleh Rektor Unsada, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A, didampingi jajaran dan Direktur Bank Resona Perdania , Iding Suherdi, yang juga didampingi oleh jajarannya.

Pada kesempatan tersebut, Dadang mengungkapkan bahwa investasi dalam dunia pendidikan seperti memberikan beasiswa merupakan hal bermanfaat yang akan bertahan sangat lama, seperti pepatah dari negeri tirai bambu yang ia kutip “Jika berencana untuk satu tahun, tanamlah padi. Jika berencana selama sepuluh tahun, tanamlah pohon. Jika berencana selama 100 tahun, didiklah manusia.”

Dalam pertemuan tersebut, Iding menambahkan bahwa ikut serta dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Resona Perdania dalam program Bank Resona Perdania Cerdas. Bank yang didirikan hampir 60 tahun tersebut merupakan bank pertama yang didirikan oleh dua negara sebagai bentuk kerja sama Indonesia-Jepang. Dengan memiliki latar belakang hubungan dengan Jepang yang sama inilah, Bank Resona Perdania tertarik untuk bekerja sama dengan UNSADA yang merupakan universitas pertama yang didirikan oleh para alumni dari Jepang.

Kerja sama UNSADA dan Bank Resona Perdania terjalin secara resmi dengan ditandatanganinya MoU oleh Rektor UNSADA dan Direktur Bank Resona Perdania. Bentuk nyata dari kerja sama tersebut adalah penyerahan beasiswa Bank Resona Perdania yang diberikan kepada lima mahasiswa-mahasiswi Sastra Jepang UNSADA oleh Direktur Bank Resona Perdania.

Terjalinnya hubungan kerja sama antara UNSADA dengan Bank Resona Perdania dalam bentuk beasiswa pendidikan bagi mahasiswa-mahasiswi UNSADA perlu ditingkatkan ke depannya sehingga baik UNSADA dan Bank Resona Perdania dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. ar

DSC_5998 DSC_6000 DSC_6014 DSC_6003 DSC_6023 DSC_6038 DSC_6031 DSC_6027 DSC_6025

Public Literacy “Introduction to Leasing Company Presented by Japanese Leasing Company” dan
Penyerahan Beasiswa dari PT. Mitsubishi UFJ Lease & FINANCE INDONESIA (PT. MULI)

DSC_5979Jakarta, 21 November 2017 – Jajaran Direksi dari PT. Mitsubishi UFJ Lease & Finance Indonesia (PT. MULI) yang berada di bawah naungan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) berkunjung ke kampus Universitas Darma Persada pada Selasa, 21 November 2017. Pada kunjungan tersebut, PT. MULI menyelenggarakan seminar bertajuk “Introduction to Leasing Company Presented by Japanese Leasing Company” yang bertempat di ruang seminar Fakultas Teknologi Kelautan. Dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Dr. Mochamad Solichin, M.Pharm, acara tersebut dihadiri oleh jajaran dan mahasiswa-mahasiswi UNSADA. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Direktur PT. MULI, Mr. Isao Someya.

Selanjutnya, seminar mengenai pengenalan perusahaan pembiayaan dimulai yang dibawakan oleh Direktur Pemasaran PT MULI, Bryan Denis Kasenda. Menurut hasil survey nasional yang melibatkan responden dengan berbagai macam latar belakang, terjadi peningkatan pengetahuan literasi keuangan pada tahun 2016 sebanyak 29,66%. Selain itu, menurutnya penting bagi mahasiswa-mahasiswi untuk memiliki pengetahuan mengenai peran dan fungsi industri jasa keuangan beserta produk dan jasa layanannya sehingga para mahasiswa mampu mengelola keuangan sejak dini. Perusahaan pembiayaan sendiri bergerak dalam tiga kegiatan usaha berdasarkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di antaranya pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, dan pembiayaan multi guna.

Usai seminar dilaksanakan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa kepada lima mahasiswi UNSADA yang dilaksanakan di ruang Sasana Wiyata. Dalam acara tersebut, mahasiswa yang tahun sebelumnya telah menerima beasiswa dari PT. MULI turut hadir dan memberikan ucapan terima kasih mereka kepada PT. MULI yang telah memberikan mereka beasiswa. Tidak hanya itu, mahasiswi penerima beasiswa PT. MULI tahun 2017 juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya. Baik UNSADA maupun PT. MULI berharap beasiswa ini bermanfaat bagi para mahasiswa untuk menunjang kegiatan belajar mereka. ar

DSC_5895 DSC_5896 DSC_5900

DSC_5903 DSC_5910 DSC_5918 DSC_5962 DSC_5965 DSC_5975

DSC_5538 - CopyJakarta, 16 November 2017 – Universitas Darma Persada menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Gerakan Cerdas SDM Indonesia dan Membangun Kapabilitas SDM Indonesia” pada Kamis, 16 November 2017. Seminar yang bertempat di Grha Wira Bakti tersebut mengundang Noni Sri Aryati, B.Eng., MBA selaku President Director of Blue Bird Group Holding, Dr. Alex Denni selaku Chief Human Capital Development Bank BNI 46, Dr. Yunus Triyonggo selaku Direktur Utama PT Sierad Produce Tbk dan Ketua Umum Indonesia Human Resources Institute, dan Bob Azam selaku Administration & Corporate Director Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Selain itu, UNSADA turut mengundang Dr. Bambang Satrio Lelono. M.A., selaku Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Seminar ini mengundang tidak hanya mahasiswa-mahasiswi UNSADA namun juga para mahasiswa dari beberapa universitas negeri dan swasta dari Jakarta dan Jawa Barat.

Sebelum dibuka secara resmi oleh Rektor UNSADA, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., seminar tersebut diawali dengan laporan dari ketua pelaksana seminar, Dr. Peppy Fachrial. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama kerja sama antara UNSADA dengan Blue Bird Group Holding, Bank BNI 46, Yayasan SMA Taruna Nusantara, dan P.T. TIRA Austenite Group.

DSC_5522 - CopyPada seminar tersebut, Noni Sri Aryati sebagai pembicara pertama memberikan seminar mengenai “CEO Expectation dalam Membangun Kapabilitas SDM Indonesia.” Menurutnya, saat ini kita tengah menghadapi Exponential Changing Time yang disebut Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity atau disebut juga VUCA World. Saat ini masyarakat bisa melakukan hampir segalanya secara online. Di samping itu, masyarakat juga bisa online sambil melakukan hampir segalanya. Dalam masa tersebut, dibutuhkan lima kunci utama untuk dapat bertahan yaitu memahami konsumen, pengetahuan digital, data analytics, mampu mengkolaborasikan seluruh kemampuan dan terakhir mampu belajar dengan cepat.

DSC_5560 - CopySelanjutnya, panel discussion antara Dr. Yunus Triyonggo dengan Dr. Alex Denni. Menurut Yunus Talent atau SDM yang brilliant adalah harta karun setiap perusahaan dan merupakan kunci penting suksesnya perusahaan. Menciptakan talent sesuai dengan harapan perusahaan tidaklah mudah, namun memperkaya dan melatih talent dapat dilakukan setiap saat. Diskusi yang kemudian dialnjutkan oleh Alex menjelaskan mengenai research yang BNI sedang lakukan terhadap pengaruh prestasi akademik di bangku kuliah terhadap kinerja kerja. Hasilnya adalah: tidak ada keterkaitan. Artinya, prestasi akademik dalam bentuk angka yang tinggi tidak menjamin kinerja kerja juga baik, melainkan kemampuan soft skill yang memberikan sumbangsih besar terhadap kinerja yang optimal di dunia kerja.

Pada sesi berikutnya yaitu sharing session, Bob Azam memberikan penjelasan mengenai Gerakan SDM Cerdas Indonesia untuk Mencetak SDM Unggul dan Kompeten Guna Memenangkan Persaingan Global. Menurutnya, tantangan janganlah dihindari, namun jadilah SDM yang berani menghadapi tantangan dan juga mampu mengatasi tantangan yang ada.

Pada sesi terakhir, Dr. Bambang Satrio Lelono, M.A., memberikan closing speech. Menurutnya, standar kompetensi dibutuhkan untuk melahirkan SDM yang cerdas dan kompeten. SDM yang kompeten pada akhirnya dapat bersaing meningkatkan kemampuan dan karir dalam dunia kerja profesional.

Selepas berakhirnya seminar, acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terletak di lantai 1 gedung Fakultas Ekonomi UNSADA. Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia bersama Rektor UNSADA melaksanakan penanaman pohon di taman Fakultas Ekonomi. Peresmian TUK ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dr. H. Dadang Solihin selaku Rektor UNSADA, Dr. Bambang Satrio Lelono, M.A., selaku Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, dan Dr. Peppy Fachrial selaku Ketua Pusat Kajian dan Pengembangan Professional Indonesia. ar

DSC_5761 - Copy DSC_5804 - Copy DSC_5837 - Copy

DSC_5191 - CopyJakarta, 06 November 2017 – Rektor Hui Zhou University, Prof. Peng Yonghong, beserta Prof. Xiao Xiangming (Dekan dari School of Literature and Communication), Mr. Xiao Hui Wei (Dekan dari Electronic Science Department), Ms. Lucy Lin (Director International Affairs Department Hong Kong, Macao & Taiwan Affairs Office) disambut oleh Rektor Universitas Darma Persada, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A. Pertemuan yang berlangsung di ruang Sasana Wiyata pada Senin, 6 November 2017 tersebut turut mengundang segenap jajaran UNSADA dengan agenda mengenai pembahasan kerja sama antara kedua universitas.

Mengawali pertemuan tersebut, universitas yang dikenal sebagai HZU tersebut memperkenalkan diri sebagai perguruan tinggi negeri yang didukung oleh pemerintah Kota Hui Zhou dan juga pemerintah Provinsi Guandong dalam meningkatkan kualitas pendidikan menuju tingkat internasional. Hui Zhou sendiri merupakan kota yang cukup strategis karena memiliki akses yang menuju Hongkong, Macau maupun Shenzhen. Dengan total penduduk kurang lebih 5 juta jiwa, kota Hui Zhou menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan luar negeri untuk belajar bahasa Mandarin dan kebudayan Tiongkok. Bahkan diantara wisatawan tersebut, terdapat wisatawan Indonesia yang juga mengunjungi Hui Zhou untuk mencari tahu asal usul mereka.

DSC_5231 - CopyDengan berlatar kota Hui Zhou yang dinamis, HZU menawarkan program studi Bahasa dan Sastra Mandarin yang telah banyak bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri seperti Universitas Sapporo di Jepang. Sejak tahun 2011, HZU telah mengirimkan 15 pengajar untuk mengajar Bahasa Mandarin ke USA, Jepang, Mexico, Korea, dam Thailand. Bahkan baru-baru ini HZU mengirimkan pengajarnya ke Medan, Indonesia, untuk mengajar bahasa Mandarin selama satu bulan. Selain itu, HZU menawarkan 18 program studi lain sehingga nantinya kerja sama yang terjalin antara UNSADA dengan HZU tidak hanya dalam bidang Sastra melainkan dalam program studi lain seperti Teknik maupun Ekonomi. Kerja sama yang terjalin dapat berupa joint research maupun temporary study abroad bagi mahasiswa dan dosen UNSADA ke HZU. Bahkan tidak menutup kemungkinan, HZU akan mendatangkan dosen mereka untuk memberikan pengajaran pada kurun waktu tertentu di UNSADA.

Kunjungan tersebut ditutup dengan penanaman pohon berupa tanaman bunga Bougainvillea oleh Rektor Hui Zhou University di taman Fakultas Sastra tepatnya di komplek halaman Masjid Baiturrahman, Universitas Darma Persada. Sebelum meninggalkan kampus UNSADA, rombongan menyempatkan diri mengunjungi Jurusan Sastra Mandarin di gedung Fakultas Sastra lantai 2. ar

DSC_5265 - Copy DSC_5257 - Copy DSC_5300 - Copy

Jakarta, 31 Oktober 2017 – Prof. Emeritus Kenji Nishibori dari Daido University memberikan seminar khusus di Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Darma Persada. Kuliah donasi AMEICC yang bertajuk “Introduction to Automation” tersebut berlangsung di Ruang Seminar Fakultas Teknologi Kelautan yang diikuti oleh mahasiswa jurusan Teknik Industri dan Teknik Mesin. Dalam acara tersebut, Rektor UNSADA, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A. Seminar membuka secara resmi seminar tersebut dan juga mengangkat Nishibori menjadi visiting professor.

Nishibori yang juga Ketua Cabang Chubu Asosiasi Promosi Otomasi NPO tersebut menjelaskan mengenai otomasi yang murah yaitu tanpa peralatan dan mesin yang mahal atau dengan kata lain dengan mekanisme yang sederhana. Selain itu, otomasi yang mudah juga menawarkan prototyping yang mudah, murah dan mudah diperbaiki. Untuk memudahkan otomasi dalam dunia industri maka diperlukan robot yang cara kerjanya bergantung pada sistem sensor yang mendeteksi perubahan keadaan sekeliling yang kemudian diolah dalam computer dan bereaksi melalui motornya. Dalam dunia industry, mesin otomasi khusus menyelesaikan pekerjaan yang tetap dan tunggal yang cocok untuk produksi massal. Contohnya mekanisme produksi baterai atau permen karet yang menghasilkan 500 buah/menit. Robot industri sendiri dapat mengerjakan pekerjaan yang dapat diprogram ulang sehingga cocok untuk produksi beraneja ragam dalam jumlah kecil hingga sedang.

Menurut statistik yang dilaksanakan pada tahun 2015, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Jepang menempati urutan pertama penggunaan robot industri di antara tiga negara, Jepang, USA dan Jerman. Sistem produksi yang fleksibel menawarkan jawaban atas terjadinya diversifikasi kebutuhan konsumen. Sistem ini juga merespon secara fleksibel variasi volume produksi dan komponen olahan sehingga dengan satu fasilitas produksi atau line produksi dapat memproduksi beraneka jenis produk dalam jumlah kecil hingga sedang. Manfaat lain dari sistem ini adalah meningkatkan produktivitas, mengurangi persediaan, dan meningkatkan utilisasi fasilitas. Sistem produksi yang fleksibel yang juga disebut Flexible Manufacturing System atau biasa disingkat FMS memiliki tiga komponen di antaranya fungsi pengolahan yang berupa machining center, alat mesin NC, robot, alat ukur, dan perlatan inspeksi; fungsi transportasi berupa penanganan material, conveyor, AGV, robot, dan gudang otomatis; dan yang terakhir fungsi operasi berupa jaringan, diagnosis kerusakan, dan perawatan. Dalam dunia industri sendiri dikenal sel produksi fleksibel yang disebut Flexible Manufacturing Cell (FMC) yang dapat mengkombinasikan mesin pengolahan dengan robot lain dalam satu modul sehingga membentuk satu lini yang fleksibel.

Meski memiliki banyak manfaat dan nilai ekonomi yang tinggi, otomasi juga dapat menemui kegagalan yang disebabkan oleh penurunan tingkat penggunaan yang ekstrem, kerusakan mesin besar yang tidak bisa diperbaiki dengan mudah, dan peralatan berkinerja tinggi yang rusak. Selain itu, faktor lain yang memicu kegagalan otomasi adalah kehilangan motivasi kerja. Produksi Metode Sel memiliki karakteristik meningkatkan penyelesaian secara mandiri. Metode ini lebih mudah merespon perubahan model dan lebih tinggi tingkat produktivitasnya dibandingkan dengan metode ban berjalan. Metode ini juga merespon secara fleksibel beragam permintaan pelanggan dan fluktuasi permintaan sehingga meski terjadi fluktuasi volume produksi tetap dapat merepon dengan penambahan atau pengurangan jumlah sel. Metode ini juga meningkatkan rasa tanggung jawab dan motivasi pekerja sehingga dapat mencapai multiprocessing. ar

DSC_5149 - Copy DSC_5171 - Copy DSC_5112 - Copy