tttttttttt Blog – Universitas Darma Persada

Program Studi

Lembaga

Penelitian

Pengabdian

 

UNSADA

Terakreditasi, Penguasaan Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris dan Jepang), Berbasis ICT, Beasiswa, Magang kerja, Bis Kampus.

Brosur

Jakarta, 19 Agustus 2017 – Universitas Darma Persada mengundang Dr. Yunus Triyonggo untuk memberikan penjelasan secara lengkap mengenai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau yang biasa disebut SKKNI. Dalam penyuluhan yang diadakan di ruang Sasana Wiyata pada Sabtu, 19 Agustus 2017 tersebut, hadir para dosen Fakultas Ekonomi UNSADA dan Rektor UNSADA, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A.

SKKNI MSDM tertuang dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor 307 tahun 2014, ditandatangani pada tanggal 9 September 2014 oleh Bapak Muhaimin Iskandar selaku Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Memahami SKKNI MSDM hendaknya mengerti kerangka besarnya sehingga memudahkan dalam pemahamannya. SKKNI MSDM disusun dengan mengikuti pendekatan RMCS yang direkomendasikan ILO sejak tahun 2006. Sebelumnya, penyusunan standar kompetensi mempergunakan pendekatan MOSS (Model Occupation Skill Standard) namun pendekatan ini dinilai tidak memberikan fleksibilitas dalam penerapan standar kompetensi karena lebih terfokus pada posisi atau jabatan.

20935062_10208087731830953_6288572837087439080_oPenyusunan SKKNI MSDM diawali dengan penetapan apa Tujuan Utamanya, lalu diuraikan apa saja Fungsi Kuncinya, dilanjutkan dengan apa Fungsi Utamanya dan ditetapkan apa saja Fungsi Dasarnya. Fungsi dasar inilah yang kemudian dikenal dengan Unit Kompetensi. Setiap Unit kompetensi diuraikan atas beberapa Elemen dan masing-masing elemen ditetapkan apa saja Kriteria Unjuk Kerja (KUK)nya. Di dalam pengukuran kompetensi berikutnya perlu juga ditetapkan Indikator Unjuk Kerja (IUK)nya. Di setiap Unit Kompetensi akan diuraikan secara lebih detail apa saja Batasan Variabel dan Panduan Penilaiannya.

Penyusunan SKKNI dapat diinisiasi oleh Asosiasi Profesi atau Asosiasi Industri karena dianggap mengerti persyaratan kompetensi di profesinya masing-masing. Perumusan Rencana SKKNI harus sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan SKKNI yang berada di instansi teknisnya. Untuk profesi MSDM, instansi teknisnya adalah Kementerian Ketenagakerjaan. Setelah itu dilakukan proses verifikasi internal yang dilakukan oleh Tim Verifikator yang sudah dibentuk, sebelum masuk ke Pra Konvensi yang mengundang semua pemangku kepentingan. Setelah dilakukan verifikasi eksternal oleh Tim Kemnaker dan semua sepakat untuk finalisasi Rancangan SKKNI MSDM menjadi SKKNI MSDM yang kita kenal sekarang ini.

Sedangkan setelah SKKNI MSDM dibuat, selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk 2 manfaat yaitu untuk pelatihan berbasis kompetensi, dan untuk proses sertifikasi profesi. Penerapan pertama adalah untuk capability building. SKKNI MSDM dipergunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bidang profesi MSDM berupa pembuatan silabus, kurikulum, dan modul pelatihan profesi MSDM. SKKNI MSDM dapat juga dimanfaatkan oleh LALPK (Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja) dalam memberikan akreditasi kepada Lembaga Diklat Profesi (LDP).

Manfaat kedua adalah untuk proses sertifikasi profesi. SKKNI MSDM dapat dipergunakan untuk pedoman dalam pembuatan skema sertifikasi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) hingga proses uji kompetensi untuk pemberian sertifikat profesi. Selain itu SKKNI MSDM akan digunakan sebagai acuan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam proses pemberian lisensi kepada LSP. Dengan adanya standar kompetensi ini, maka profesi MSDM semakin kokoh dan diakui di dunia profesi karena sudah memiliki acuan yang jelas dan resmi dalam membangun kompetensi praktisinya. ar

Jakarta, 18 Agustus 2017 – Universitas Darma Persada menyeleksi kandidat yang mengikuti progam SAKURA Exchange Program in Science di ruang Sasana Wiyata. Seleksi yang diadakan pada Jumat, 18 Agustus 2017 pukul 14:00 tersebut dihadiri oleh para penyeleksi yaitu Dr. Moch. Sholichin, M.Pharm., selaku Wakil Rektor I, Dr. Eko Cahyono selaku Wakil Rektor II, Fanny Octaviani, M.Si., Ir. Ahmad Rozak, dan Dr. Uda Naoshi. Para kandidat berjumlah 22 orang mahasiswa dari seluruh fakultas yang kemudian akan diseleksi menjadi 10 orang untuk mengikuti pogram tersebut.

Tujuan dari program ini adalah memajukan ilmu sains dan teknologi yang merupakan kunci untuk mewujudkan masa depan yang cerah. Selain itu, sangat penting untuk meningkatkan pertukaran kaum muda di negara-negara Asia dan Jepang yang akan memainkan peran penting dalam bidang sains dan teknologi. Berdasarkan pemikiran ini, SAKURA Exchange Program in Science berkeinginan untuk meningkatkan pertukaran para pemuda antar Asia dan Jepang yang akan memainkan peran penting di bidang sains dan teknologi masa depan melalui kolaborasi erat antara industri-akademisi-pemerintah dengan memfasilitasi kunjungan jangka pendek dari pemuda Asia yang kompeten ke Jepang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat para pemuda Asia terhadap sains dan teknologi di universitas-universitas, lembaga penelitian dan perusahaan swasta Jepang  yang terkemuka.

Terdapat 35 negara yang diharapkan memenuhi syarat untuk mengikuti SAKURA Exchange Program in Science tahun 2017, diantaranya adalah Negara Republik Indonesia. Kandidat yang memenuhi syarat merupakan siswa Sekolah Menengah Atas, mahasiswa Universitas atau Pascasarjana, peneliti, atau pengajar, yang berusia di bawah 40 tahun dan tidak pernah tinggal di Jepang sebelumnya. ar

WhatsApp Image 2017-08-16 at 08.11.36Promo Merdeka
Dalam rangka HUT RI ke-72, UNSADA memberikan potongan biaya kuliah bagi yang melakukan daftar ulang dan sudah dinyatakan lulus, dan free pendaftaran bagi yang ingin mendaftar*

*S&K Berlaku
Berlaku hanya pada 17 Agustus 2017, dari pukul 08.00-14.00
Pembayaran dilakukan dengan cara transfer via ATM ke rek BNI UNSADA 12944729
Kuota Terbatas

Ayoo…. Tunggu apalagi…!

DSC_9042Jakarta, 11 Agustus 2017 – Universitas Darma Persada menerima mahasiswa Universitas Takushoku yang mengikuti program homestay atau yang dalam Bahasa Jepang disebut kenshuu. Pembukaan program kenshuu tersebut, dibuka secara resmi oleh Rektor UNSADA, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., pada Jumat, 11 Agustus 2017 bertempat di ruang TS 60 gedung fakultas Sastra UNSADA. Pembukaan program Kenshuu Universitas Takushoku 2017 yang mengangkat tema “Menyelami Budaya dan Bahasa di Bawah Naungan Melati-Sakura” tersebut, turut mengundang  para peserta program kenshuu maupun keluarga yang menjadi host family selama tinggal di Indonesia.

Acara yang diawali dengan penampilan dari Ashobu, sebuah grup tari beranggotakan mahasiswa-mahasiswi UNSADA yang menampilkan tari Jepang, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Rohibin, sebagai koordinator program kenshuu dari pihak Unsada yang juga seorang dosen jurusan Sastra Jepang. Kemudian, Nozomi, selaku koordinator program kenshuu dari pihak Takushoku juga memberikan sambutannya.

DSC_9068

Program yang sudah berlangsung sebanyak 14 kali ini telah menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Salah satunya dengan para alumni program kenshuu tersebut yang mampu beradaptasi di Indonesia dan berhasil bekerja di Indonesia. Bahkan, para peserta yang sebelumnya belum mengetahui Indonesia kini antusias untuk belajar baik budaya maupun bahasa Indonesia. Mikami, salah satu alumni dari program kenshuu 2015, turut menuturkan kebahagiaannya telah mengikuti program tersebut atas pengalaman yang ia miliki sekarang. Kedepannya, program ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi mahasiswa Jepang dan Indonesia untuk dapat belajar bahasa dan budaya kedua negara. ar

20819376_1922985457957478_3047808312386648703_oJakarta, 10 Agustus 2017 – Rektor Unsada, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., membuka secara resmi Kuliah Umum yang bertajuk “Bahaya Radikalisme bagi NKRI.” Kuliah Umum yang diselenggarakan pada Sabtu, 10 Agustus 2017 bertempat di Grha Wira Bakti tersebut, menghadirkan narasumber Kapolda Jawa Barat, Irjen. Pol. Anton Charliyan.

Dalam sambutannya, Dadang mengatakan, “Tema mengenai radikalisme sangat krusial pada masa sekarang. Radikalisme menjadi hal yang paling rentan menyentuh generasi muda.” “Kuliah umum ini kami harapkan menjadi salah satu cara dalam menangkal ancaman radikalisme atau deradikalisasi di kalangan generasi muda,” imbuh Dadang.

20729000_1922985301290827_5744447608921311054_oKehadiran orang nomor satu di Kepolisian Daerah Jawa Barat ini disambut oleh mahasiswa ratusan mahasiswa baru ini tentu menarik minat akademika Unsada untuk hadir mendengarkan langsung paparan Kapolda Jabar. Dalam kuliah umum tersebut, Anton mengingatkan tentang bahaya radikalisme bagi keutuhan NKRI. Oleh karena itu, ia menyerukan kepada seluruh mahasiswa untuk bersatu mencegah dan menangkal radikalisme dan terorisme. “Mari kita bersama-sama memerangi gerakan radikalisme yang mengancam bangsa dan negara. Kita kumpul disini untuk bisa bersatu, karena negara kita ini butuh persatuan dan kesatuan, butuh kekompakan,” kata Anton. Untuk itu, Anton berharap agar mahasiswa bisa bersatu menjaga kekompakkan menjaga NKRI. “Kita disini untuk membangun kekompakan untuk membangun persaudaraan agar bersama-sama menjaga NKRI yang kita cintai ini,” imbuh Jenderal Bintang Dua tersebut.

20729056_1922990977956926_3537653815645314712_oSelain memberikan kuliah umum, Anton juga melakukan penanaman pohon persahabatan serta peresmian prasasti Desa Binaan antara Unsada, Polda Jabar, dan Yayasan Maung. “Penandatanganan kerja sama menjadi bagian dari implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat,” ujar Dadang. ar

20776561_10210081894947651_1326783642983147620_oJakarta, 9 Agustus 2017 – UPT Perpustakaan Universitas Darma Persada bekerja sama dengan EBSCO memberikan sosialisasi mengenai hak akses e-journal kepada dosen Universitas Darma Persada , khususnya dosen bidang teknik. Acara yang diselenggarakan pada Rabu, 09 Agustus 2017 tersebut resmi dibuka di ruang Seminar Fakultas Teknologi Kelautan lantai 3, sedangkan acara utama yaitu pelatihan bertempat di Laboratorium Komputer Fakultas Teknik lantai 3.

Pada kesempatan tersebut, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., selaku Rektor UNSADA memberikan sambutan dan secara resmi membuka kegiatan sosialisasi. Sebelumnya, Kepala UPT Perpustakaan UNSADA, Yus Rusmiyati, S.S., juga memberikan sambutan mengenai pentingnya sosialisasi ini bagi dosen maupun mahasiswa UNSADA mengingat maraknya kasus plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah yang tidak mencantumkan sumber secara benar. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para dosen mampu membimbing mahasiswa-mahasiswanya untuk dapat memanfaatkan hak akses yang diberikan.

Sosialisasi PerpusNarasumber sosialisasi ini, Clara Pinta Ruth Juandini, S.I.Kom., memberikan pelatihan secara langsung di ruang lab Fakultas Teknik kepada para dosen. Clara menekankan bahwa hak akses ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya mengingat sebelumnya DIKTI telah memberikan hak akses kepada 1000 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, namun saat ini menurun hampir 50%. Penurunan ini disinyalir disebabkan oleh perguruan tinggi yang tidak aktif memanfaatkan hak akses. Padahal, DIKTI telah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memberikan hak akses ini kepada seluruh perguruan tinggi tersebut. Saat ini, hanya 500 perguruan tinggi di Indonesia yang dapat menikmati hak akses ini. Salah satu di antaranya adalah Universitas Darma Persada. Oleh karena itu, Clara berharap para dosen dapat membimbing para mahasiswanya untuk dapat memanfaatkan hak akses ini untuk menunjung kegiatan penulisan karya ilmiah. ar

20449330_10210020224885938_1299668064537862395_oJakarta, 31 Juli 2017 – Jurusan Teknik Industri Unsada berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan Kebudayaan Jepang untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang filosofi di balik budaya Monozukuri melalui kegiatan kaligrafi.

20449112_10210020223485903_3492404900555046706_oHIDA, The Overseas Human Resources and Industry Development Association, membantu memberikan pelatihan kaligrafi tersebut yang bertempat di ruang tatami Unsada. Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan mahasiswa-mahasiswi maupun dosen Unsada semakin memahami filosofi di balik budaya Monozukuri dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. ar

20157421_10209916165484518_2066664839976031859_oJakarta, 18 Juli 2017 – Wakil Gubernur Saitama, Mr. Hirsohi Iijima, beserta rombongan tiba di Sasana Wiyata pukul 08:45 WIB. Rektor Universitas Darma Persada, Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A., ditemani oleh jajaran menyambut kedatangan Wakil Gubernur Saitama tersebut. Di dalam rombongan tersebut, hadir pula Presiden PT. Umeda Factory Indonesia, Mr. Hiroshi Umeda.

Iijima memulai sambutannya dengan menjelaskan kondisi penduduk Saitama yang berjumlah kurang lebih 7 juta jiwa merupakan sepertiga dari penduduk Jepang. Di Saitama sendiri terdapat banyak industri otomotif. Salah satu di antaranya adalah pabrik utama Honda yang terletak di Saitama. Selanjutnya, Iijima mengaku antusias untuk menjalin kerja sama dengan Unsada terutama di bidang pengambilan SDM. Ditambah lagi, terdapat 55 perusahaan Saitama yang kini hadir di Indonesia sehingga Iijima sangat berharap dapat menjadi jembatan untuk mempererat kerja sama tersebut. Iijima menilai bahwa kerja sama yang terjalin dapat menjadi nilai tambah untuk kedua belah pihak. Oleh karena itu, diperlukan MoU yang jelas.

20157866_10209916169564620_4321341800481009390_o

Menanggapi sambutan tersebut, Dadang menyambut dengan tangan terbuka gagasan yang dikemukakan oleh Iijima. Dadang menilai bahwa kerja sama yang dapat berupa magang atau internship di perusahaan-perusahaan Saitama baik yang ada di Jepang maupun Indonesia dapat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Unsada yang tentunya dapat menjadi pengalaman berharga sebelum masuk ke dunia kerja. Selain magang, Dadang juga berharap dapat terjalin kerja sama lainnya seperti join-research yang melibatkan dosen-dosen Unsada.

Usai berdiskusi, acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bunga bougenville oleh Iijima di halaman kampus Unsada disaksikan oleh Rektor Unsada dan jajaran. Rombongan kemudian mengunjungi fakultas-fakultas yang ada di Unsada dan diakhiri dengan memasuki Grha Aula Wira Bhakti dimana para peserta seminar telah menanti.

20229883_10209916158924354_1984250779534404684_oDalam seminar tersebut, Iijima mengemukakan maksud kedatangannya ke Unsada dan mengajak mahasiswa-mahasiswi Unsada untuk dapat ikut serta dalam jalinan kerja sama tersebut nantinya. Selain itu, Umeda selaku pimpinan dari PT. Umeda Factory juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa-mahasiswi Unsada untuk dapat magang di perusahaannya. ar

Jakarta, 17 Juli 2017 – Universitas Darma Persada menyelenggarakan Pra-Rapat Kerja TA 2017/2018 dengan melibatkan para jajaran Unsada. Para peserta rapat yang terdiri dari para jajaran Unsada dibagi dalam tiga kelompok yaitu Komisi A yang membahas mengenai akademik, kemudian Komisi B yang membahas non-akademik, dan Komisi C yang membahas mengenai kemahasiswaan.

20045517_10209909957569324_8824798384131376884_oPra-Rapat Kerja sendiri merupakan pendahuluan dari rangkaian penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Unsada TA 2017/2018 Unsada yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2017 nanti yang kemudian akan disahkan pada Rapat Kerja.

Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Unsada (RAPBU) merupakan acuan pelaksanaan kegiatan dan pembelanjaan dalam satu tahun akademik, sehingga perlu adanya kesinambungan antara program yang lalu dengan program yang akan datang dengan berpedoman pada Statuta, Ripen dan Renstra Unsada. RAPBU tersebut hendaknya melibatkan semua unit terkait agar dapat mengakomodir semua rencana kerja yang disusun. ar

spanduk HUT UNSADA 31 PMB17 EMAIL2Dapatkan Potongan Biaya Kuliah 1 Semester :
Potongan sebesar Rp 1.300.000 bagi yang melakukan daftar ulang/her-registrasi secara lunas (program D-3 dan S-1)*
Free Pendaftaran Rp 350.000 (program D-3 dan S-1)
Free Pendaftaran Rp 500.000 (program S-2)
Potongan harga ini berlaku hanya pada tanggal 10-14 Juli 2017 dari Pukul 09.00 – 14.30. Kuota TERBATAS!

*Bagi yang sudah mendapat free pendaftaran tidak bisa mendapatkan potongan daftar ulang