Program Studi

Lembaga

Penelitian

Pengabdian

 

UNSADA

Terakreditasi, Penguasaan Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris dan Jepang), Berbasis ICT, Beasiswa, Magang kerja, Bis Kampus.

Brosur

 Program Studi SASTRA INGGRIS (S-1)

Fakultas Sastra

Universitas Darma Persada

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat luas penggunaannya.Program studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang mahir berbahasa Inggris sebagai alat komunikasi pergaulan masyarakat.

Tahun Berdiri : Tahun 1986

SK Pendirian : 15/KOP.III/S.VII/1986

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran  :

Visi :

Pada tahun 2015 menjadi Program Studi Inggris yang unggul dalam bidang susastra Inggris yang didukung oleh penguasaan bahasa dan budaya negara Inggris, Amerika, dan Australia serta didukung oleh kemampuan berbahasa Jepang Dasar.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang susastra, bahasa, dan budaya Inggris.
  2. Melakukan  penelitian di bidang susastra, bahasa dan budaya Inggris.
  3. Mengadakan pengabdian kepada masyarakat di bidang susastra, bahasa dan budaya.
  4. Menciptakan suasana akademik dengan menyelenggarakan seminar, diskusi,  penelitian di bidang susastra, bahasa, dan budaya Inggris.
  5. Bekerjasama dengan instansi swasta maupun pemerintahan  di bidang susastra, bahasa, dan budaya Inggris.

Tujuan :

Mengembangkan potensi program studi dalam menghasilkan pengetahuan komprehensif dalam bidang sastra, bahasa, dan pengetahuan budaya Inggris sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Menghasilkan lulusan yang berkualitas secara intelektual, emosional, dan spiritual dengan kompetensi utama di bidang bahasa, sastra, dan pengetahuan budaya Inggris

Sasaran dan strategi pencapaian :

Lulusan program studi menguasai keahlian di bidang bahasa, sastra, dan pengetahuan budaya Inggris dengan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan mengaktualisasikan diri di tingkat nasional maupun internasional

Lulusan program studi mampu bersaing dan cepat terserap di pasar tenaga kerja

PROFIL LULUSAN

Lulusan Prodi Sastra Inggris adalah sarjana sastra Inggris yang memiliki kompetensi berbahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal 500 guna memanfaatkan dan mengembangkan kemampuan dasar ilmu sastra, bahasa dan pengetahuan budaya baik untuk bekerja sebagai:

  • Pengajar,
  • Penerjemah/Interpreter ,
  • Penulis,
  • Editor,
  • Kritikus sastra,
  • Wartawan,
  • Karyawan kantor (komunikator – public relation officer, sekretaris),

maupun untuk melakukan penelitian dan meneruskan pengembangan pembelajaran ilmu sastra, bahasa, dan budaya yang berguna bagi masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.

KOMPETENSI LULUSAN

Dari profil lulusan yang dirumuskan berdarkan berbagai masukan para stakeholders di atas maka kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh lulusan Prodi sastra Inggris adalah:

  1. Kemampuan dalam penguasaan empat kemahiran berbahasa Inggris secara lisan maupun tertulis
  2. Kemampuan analitis dan sintesis dalam bidang susastra, bahasa, dan kebudayaan negara berbahasa Inggris.
  3. Kemampuan dalam mengembangkan soft skills dan hard skills berdasarkan ilmu yang dipelajari
  4. Kemampuan mengaplikasikan ilmu yang didapat baik untuk penelitian, penerjemahan, pengajaran, tulis menulis, maupun berkomunikasi dalam bahasa Inggris – Indonesia atau Indonesia – Inggris
  5. Kemampuan mengadaptasi nilai-nilai budaya baik yang didapat dari karya sastra maupun ilmu sosial
  6. Menguasai orientasi pranata sosial negara-negara berbudaya Inggris, yakni Inggris, Amerika, Australia tanpa kehilangan jati diri nasionalnya
  7. Kemampuan bekerjasama lintas profesi dan budaya guna kemajuan masyarakat dimana ia berada
  8. Kemampuan berargumentasi tentang ilmu yang dipelajari: susastra, bahasa dan nilai kebudayaan Inggris
  9. Kemampuan memahami pemikiran dan tradisi negara-negara berbahasa Inggris yang berasaskan demokrasi demi menghasilkan lulusan memiliki inovasi, kreatifitas dan mampu bersaing di panggung internasional
  10. Kemampuan mengembangkan kompetensi yang diperoleh dengan memadukan pola pikir negara barat dengan semangat ke-Jepang-an. Ini merupakan ciri khas prodi Sastra Inggris Unsada

Jumlah SKS yang harus ditempuh : 144 SKS

Masa Studi : 4 Tahun

Kesaksian beberapa alumni

  • Yulianti Paramitha (Staff Promosi Gramedia Majalah) :

“Sebagai karyawan bagian promosi, kompetensi berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan client dari perusahaan asing sangat penting. Selain itu ketrampilan menggunakan computer sangat berguna di setiap pekerjaan. Maka paling tidak mengerti penggunaan standar”.

  • Retno Dwi(Guru Bahasa Inggris) :

“Pekerjaan sekarang dengan jurusan yang saya ambil sangat sesuai, karena pekerjaan saya adalah guru. Jadi ilmu yang saya dapat dari Kuliah Jurusan Sastra Inggris sangat bermanfaat”

  • Puji Wijayanti (Dosen Akademi Keperawatan) :

“I really love my job. It’s amazing, and we can earn from everyone”.

  • S Kartika (PT Pertamina Drilling Service Indonesia):

“Kompetensi yang saya dapat sesuai dengan pekerjaan saya, yaitu bagaimana cara berkomunikasi dengan customer dan para tamu yang kebanyakan adalah orang asing”.

  • Melda Yunita (Admistrasi Customer Loan BCA):

“Awalnya agak canggung untuk memasuki dunia perbankan. Tetapi rezeki sudah di depan mata, saya ambil pekerjaan tersebut. Sampai saat ini saya suka dengan pekerjaan saya yang berhubungan dengan customer yang diantaranya orang asing. Ini sesuai dengan keahlian saya berbahasa Inggris. Terima kasih Unsada”.

  • Mutiara ( Marketing PT Global Teknologi SDervisindo) :

“Pekerjaan saya saat ini adalah sebagai marketing IT. Kemampuan yang saya miliki tidak sesuai dengan posisi yang saya duduki saat ini. Sehingga masih harus banyak belajar. Akan tetapi sampai saat ini tidak ada kendala yang besar”.

  • Tities (Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan):

“Unsada adalah tempat kuliah yang mempesona dan hebat. Semua dosennya sungguh hebat dan berkualitas baik”.

  • Ajeng Mahindrianti (PT Berca Hardajaperkasa):

“Dari awal saya bekerja d ANTV sampai PT Berca Hardayaperkasa saya sealu berinteraksi dengan orangt asing. Jadi saya selalu menggunakan bahasa Inggris dalam berbicara langsung, atau lewat telpon atau email”.

  • Nina Rachmadani (Guru Yayasan Sunshine Preschool):

“Pekerjaan saya saat ini cukup sesuai dengan keahlian yang saya miliki. Saat ini saya mengajar di International Preschool di Lippo Cikarang”.

Yoga Pratama (Pengajar kursus Bahasa Inggris):

“Saya bekerja sebagai pengajar . Lima puluh persen ilmu yang saya gunakan dalam mengajar berasal dari Unsada, tetapi sayang saya merasa itu belum cukup, terutama di pelajaran TEFL. Semoga ke depannya TEFL bisa lebih membantu dalam pekerjaan”.