Program Studi

Lembaga

Penelitian

Pengabdian

 

UNSADA

Terakreditasi, Penguasaan Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris dan Jepang), Berbasis ICT, Beasiswa, Magang kerja, Bis Kampus.

Brosur

Jakarta, 17 Mei 2017 – LP2MK (Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kemitraan) Universitas Darma Persada memberikan sosialisasi mengenai RIP dan PPM UNSADA untuk 2016-2020. Acara yang dihadiri langsung Rektor Unsada, Dr. H. Dadang Solihin S.E., M.A., yang juga merupakan Pembina dalam Tim Penyusunan RIP dan Resntra PPM UNSADA 2016-2020.

RIP merupakan arah kebijakan dalam pengelolaan penelitian insitusi dalam jangka waktu tertentu yang dibuat untuk memberi arah terhadap penelitian, baik penelitian individual/kelompok, maupun yang dilakukan secara melembaga dan melibatkan disiplin ilmu. Tujuan disiapkannya RIP ini adalah untuk mempercepat arah pengembangan dan pembangunan sumber daya yang mendukung penelitian dan inovasi iptek dalam rangka UNSADA menuju universitas unggul. RIP dibuat berdasarkan Agenda Riset Nasional (2010-2014) Keputusan MENRISTEK No. 193/M/Kp/IV/2010.

Riset unggulan Universitas Darma Persada berorientasi pada penerapan Energi Terbarukan dengan 3 (tiga) kelompok biding ilmu, yaitu:
1. Bidang Ilmu Sains dan Teknologi dengan bidang unggulan:
a. Kajian Sumber Energi Terbarukan (surya, angin, air dan laut, biomasa, bio-fuel)
b. Sistem Informasi untuk Teknologi Konversi Energi dan Konservasi
c. Pengembangan Teknologi Kelautan
d. Model Pengembangan Energi Terbarukan
2. Bidang Ilmu Sosial dan Ekonomi dengan bidang unggulan:
a. Tekno-Ekonomi Teknolofi Konversi Energi
b. Manajemen Pemanfaatan Energi Terbarukan
c. Pengentasan Kemiskinan
3. Bidang Ilmu Budaya dengan bidang unggulan:
a. Rekayasa Sosial dan Budaya
b. Kebijakan dan Mitigasi Pemanfaatan Energi

Berbeda dengan RIP, Renstra PPM (Rencana Strategis Pengabdian pada Masyarakat) Unsada merupakan program yang sifatnya strategis yang dipergunakan sebagai dasar pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pendampingan dengan mengacu pada dinamika isu perwilayahan (membangun desa mandiri). Renstra PPM tersebut disusun untuk jangka waktu 5 tahun ke depan (2016-2020) dengan mengacu pada RIP 2016-2020 UNSADA.

Alur penyusunan tema program-program pengabdian kepada masyarakat mengacu pada isu nasional, isu wilayah dan RPJM Pemda. Tujuan pewilayahan kegiatan-kegiatan pada program PPM adalah untuk meningkatkan kemanfaatan IPTEK perguruan tinggi bagi kehidupan masyarakat di suatu wilayah dalam wujud perbaikan/peningkatan kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan; meningkatkan pelibatan dan kualitas dosen sebagai pelaksana PPM dalam melaksanakan salah satu darma perguruan tinggi; mensinergikan renstra dan program PPM seluruh peguruan tinggi di suatu wilayah yang merefleksikan Kebhinekaan Intelektual dalam meningkatkan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat; dan meningkatkan utilisasi fasilitas perguruan tinggi dan institusi lain dalam mendukung aktivitas PPM.

Topik program PPM 2016-2020 Unsada sendiri terbagi sesuai 3 (tiga) kelompok bidang ilmu yang telah disebutkan di atas, yaitu:
1. Kelompok Sains dan Teknologi, dengan topik:
a. Memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan di bidang Energi Terbarukan (surya, angin, air dan laut, biomasa, bio-fuel) untuk membantu masyarakat di daerah-daerah yang kekurangan energi.
b. Membantu pengolahan sampah dan limbah dari alam dan masyarakat menjadi Energi Terbarukan.
c. Memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan Sistem Informasi untuk Teknologi Konversi dan Konservasi Energi untuk membantu masyarakat di daerah yang membutuhkan.
d. Memanfaatkan pengetahuan Teknologi Kelautan dan ditunjang dengan pengetahuan di bidang Energi Terbarukan untuk membantu mensejahterakan masyarakat desa dan pesisir.

2. Kelompok Sosial Ekonomi, dengan topik:
a. Memanfaatkan pengetahuan di bidang Ekonomi Manajemen, Akuntansi dan Teknologi Energi Terbarukan dan Teknologi Konservasi Energi untuk membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan.
b. Membantu masyarakat memahami dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk dapat mengelola pemanfaatan Enegeri Terbarukan.
c. Memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan di bidang Energi Terbarukan, Konservasi Energi, Teknologi Kelautan, dan Ekonomi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan pesisir.

3. Kelompok Budaya, dengan topik:
a. Memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan Humaniora untuk rekayasa sosial dan budaya.
b. Membantu masyarakat memahami kebijakan dan mitigasi pemanfaatan energi.
c. Memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan di bidang Energi Terbarukan, Konservasi Energi, Teknologi Kelautan, dan Humaniora untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan pesisir. ar

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>