Direct Line 8649059 Puji 085218173992 , Dwi 081394061988, Aryza 081285377881
Office Hours Monday - Friday : 08:00-16:00 , Saturday 09.00 - 14.00.

Pelatihan Kaizen: Memahami dan Melaksanakan Proses Kaizen

Oleh Admin | April 4, 2018 at 2:32 pm

Pelatihan Kaizen: Memahami dan Melaksanakan Proses Kaizen

Jakarta, 04 April 2018 – Hari ketiga seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Darma Persada bekerja sama dengan AMEICC (AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee) dan AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships), Takeshi Adachi, menyampaikan materi mengenai “Pelatihan Kaizen: Memahami dan Melaksanakan Proses Kaizen.” Setelah sebelumnya Adachi menjelaskan mengenai bagaimana proses kaizen kepada para peserta seminar, para peserta kemudian diminta untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana melaksanakan proses kaizen itu sendiri.

Untuk melaksanakan kaizen, perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana proses produksi dilaksanakan. Setelah mengetahui proses produksi dengan jelas, maka dapat ditentukan masalah yang muncul seperti kesia-siaan dan pekerjaan yang tidak bernilai. Kemudian, dengan mengetahui masalah dalam proses produksi, barulah dibuat rencana kaizen untuk menghilangkan kesia-siaan maupun pekerjaan yang tidak bernilai.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kelompok kemudian mempresentasikan bagaimana proses produksi. Kemudian, setiap peserta dalam kelompok mempraktekkan proses produksi seperti rack, jig maupun metode lainnya. Setelah itu, para mahasiswa juga mempraktekkan bagaimana setiap proses perakitan satu buah unit produk dalam satu waktu. Selain itu, mereka juga melaksanakan bagaimana lima buah unit dirakit. Alat-alat yang digunakan untuk praktek berupa miniatur produksi. Pada akhirnya, Adachi akan memberikan evaluasi setelah mengamati proses produksi yang telah dilaksanakan, sehingga setiap kelompok akan menentukan rencana kaizen selanjutnya setelah melaksanakan proses produksi. ar

UNSADA

Social Links